Content: / /

SMKN 1 dan SMAN 1 Yosowilanggun Wakil Lumajang di TTG Pindeskel BALI 2018

Pendidikan Dan Kesehatan

19 Oktober 2018
SMKN 1 dan SMAN 1 Yosowilanggun Wakil Lumajang di TTG Pindeskel BALI 2018

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., (Bunda Indah) menghadiri pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, Temu Karya Nasional, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jum'at

Bali (lumajangsatu.com) - Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., (Bunda Indah) menghadiri pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, Temu Karya Nasional, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jum'at (19/10/2018). Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

BACA JUGA : Hari Santri di Lumajang Dihibur Band Wali dan Orasi Kebangsaan PBNU

Gelaran itu, merupakan langkah strategi dalam penyebaran informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Temu Karya Nasional itu, sebagai wadah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba desa dan kelurahan. Sedangkan Pindeskel sebagai upaya strategi dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai inovasi yang telah dilakukan di Desa/Kelurahan kepada masyarakat.

Dalam event tersebut, Kabupaten Lumajang berkesempatan memamerkan TTG hasil karya siswa – siswi SMA Negeri Yosowilangun dan SMKN 1 Lumajang. Wabup, Bunda Indah mengapresiasi hasil karya TTG pelajar Lumajang tersebut, salah satunya alat pemotong buah – buahan untuk keripik. Menurutnya alat tersebut lebih efektif dan efisien daripada yang manual. “Saya sarankan agar alat ini bisa dipromosikan oleh DPMD bekerjasama dengan Dinas Perdagangan untuk mempromosikan Usaha Kecil Menengah yang ada di Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini harus menjadi motivasi buat anak – anak yang lain bahwa mereka juga bisa membuat lebih banyak karya,” sarannya.

Bunda Indah berharap, keikutsertaan Kabupaten Lumajang, dapat menarik banyak investor untuk menanamkan investasi menggarap potensi Kabupaten Lumajang. “Saya ingin banyak investor banyak masuk Lumajang. Sekitar 70% masyarakat kita petani, ini harus ditingkatkan sesuai dengan potensi yang ada di Lumajang. Oleh karena itu kita akan support para investor, sehingga nantinya kita bisa meningkatkan ekspor disamping juga investasi di bidang wisata,” harapnya.

BACA JUGA : Kades Jokarto Akan Kembangkan Sumber Takir Jadi Obyek Wisata Lumajang

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si., pada kesempatan yang sama menyampaikan, dalam waktu dekat berencana mensinergikan TTG dengan program inovasi nasional. Dia berharap, bisa muncul inovasi yang berguna bagi desa maupun Kabupaten Lumajang. “Untuk itu kegiatan TTG ini akan kita sinergikan dengan program inovasi nasional untuk desa. Salah satunya pada November nanti akan menggelar bursa inovasi desa. Rencananya akan kita tempatkan di Hutan Bambu. Rencana ini, dimaksudkan untuk memotivasi semua warga memunculkan inovasi yang berguna bagi desa maupun kabupaten,” harapnya. (hms/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi