Content: / /

SMP Islam Terpadu Nurul Huda Krasak Terapkan Sekolah Cinta Lingkungan

Pendidikan Dan Kesehatan

19 Agustus 2017
SMP Islam Terpadu Nurul Huda Krasak Terapkan Sekolah Cinta Lingkungan

Sejumlah siswa SMP Islam Terpadu Nurul Huda saat melakukan pembibitan mandiri di sekolahnya

Lumajang (lumajangsatu.com) - SMP Islam Terpadu Nurul Huda Desa Krasak Kecamatan Kedungjajang mengajarkan pada siswa-siswinya agar menjaga lingkungan. Salah satu caranya dengan mengajari para siswa untuk melakukan penghijauan dan pembibitan secara mandiri.

Rudi Hartono S.Pd, Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu menyatakan tanam pohon bersama tersebut dilakukan selain menjaga kelestarian alam juga untuk mengajarkan siswa beramal jariyah. Para siswa juga pernah bekerjasama dengan Laskar Hijau Klakah, yang kemdian siswa dibantu bibit dan plastik polibag.

Saat ini, para siswa secara mandiri juga mulai melakukan pembibitan pohon jenis buah dengan memanfaatkan buah-buhan disekitar dan botol minuman air mineral. Para siswa akan merawat sendiri bibit tersbut dan setlah besar akan ditanam oleh siswa ke sejumlah daerah di Desa Krasak.

“Bibit pohon ini ketika berumur 40 hari akan dipindahkan ke Sumber MRUTU desa Pandansari dekat dengan sekolah, agar sumber tidak surut. Ada bibit Mangga, Manicu, Klengkeng dan Rambutan," jelas Rudi, Sabtu (19/08/2017).

Selain pelestarian Alam, SMP Islam Terpadu Nurul Huda juga memiliki siswa berprestasi. Jamilatus Sulfa pernah mewakili Kabupaten Lumajang dalam Pentas PAI Provinsi Jawa Timur dalam lomba pidato Bahasa Indonesia dan berhasil jUara 3 harapan tahun 2017.

"Ini sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi Guru untuk membimbing dan dan mendidik siswa miskipun lokasi sekolah nya ada tengah pohon tebu," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi