Content: / /

Tiga Pilar Lumajang Patroli Amankan Wilayah Rawan Kejahatan

Hukum Dan Kriminal

22 Februari 2019
Tiga Pilar Lumajang Patroli Amankan Wilayah Rawan Kejahatan

Kapolres, Dandim dan Bupati Lumajang menyapa para Satgas Keamanan Desa Umbul (foto polres)

Lumajang (lumajangsatu.com) - 3 Pilar yang terdiri dari Kapolres, Bupati dan Dandim 0821 Lumajang melaksanakan Patroli bersama dalam rangka antisipasi begal dan pencurian sapi di wilayah Lumajag utara. Rombongan berangkat dari halaman Kodim Lumajang dilanjutkan konvoi mengarah ke Kecamatan Kedungjajang melalui JLT untuk mendatangi Balai Desa Umbul serta dilanjutkan ke Desa Pajarakan, Ranuwurung dan menuju Desa Salak di Kecamatan Randuagung.

Dalam operasi gabungan ini, seluruh personil sebanyak 40 orang ini menggunakan motor trail serta ditutup dengan kendaraan ranger milik Sat Sabhara Polres Lumajang. Rute yang diambil konvoi tersebut juga dipilih wilayah yang rawan serta pinggiran Lumajang.

Hal ini dimaksudkan agar patroli ini dapat membuat warga merasa aman dengan kehadiran patroli besar besaran tersebut. Saat sampai di wilayah Desa Umbul kemudian bertemu dengan Satgas Keamanan Desa di Balai Desa.

Rombongan Bupati, Kapolres dan Dandim berhenti sejenak untuk melihat serta memberikan arahan kepada Satgas Keamanan Desa. "Bagaimana keadaan Kamtibmas di Desa Umbul setelah dibentuk Satgas Keamanan Desa Umbul," tanya Cak Thoriq.

Kegiatan patroli tujuannya bukan menangkap pelaku kejahatan, tapi untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat dengan memberikan pesan jika polisi, TNI dan pemerintah hadir untuk rakyat. "Semua unsur forkopimda selalu siap bersama-sama unsur keamanan menjaga keamanan kota lumajang," paparnya.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SIK, menyatakan bahwa kegiatan tersebut untuk lebih mengenal lokasi daerah. "Dengan berpatroli masuk sampai ke desa-desa. Saya juga ingin melihat responsibility anggota satgas keamanan desa yang baru terbentuk. sayangnya HT untuk mereka belum dilakukan pengadaan, padahal HT merupakan elemen utama. Ada dana desa yang bisa digunakan untuk membeli HT. semoga kepala desa bisa segera melengkapi HT untuk setiap anggota satgas," tutur Kapolres.

Letkol Infanteri Ahmad Fauzi S.E juga memerintahkan jajaran Koramil untuk membantu melakukan pengamanan. Jika semua elemen bersama menjaga keamanan, maka angka kejahatan bisa ditekan seminim mungkin.

"Saya akan perintahkan Danramil untuk memberikan pelatihan seperti beladiri guna bekal bagi setiap anggota Satgas Keamanan Desa agar tidak gentar saat berhadapan dengan pelaku kriminalitas," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi