Content: / /

Wow..! Laskar Semeru Temukan 18 Bunga Rafflesia Arnoldi di Hutan Tempursari

Gaya Hidup

25 Juli 2017
Wow..! Laskar Semeru Temukan 18 Bunga Rafflesia Arnoldi di Hutan Tempursari

Belasan bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi ditemukan di hutan Tempursari

Lumajang (lumajansatu.com) - Kabupaten Lumajang yang berada di kaki Gunung Semeru benar-benar kaya flora dan fauna. Relawan Laskar Semeru menemukan jenis puspa nasional yang langka yakni bunga Rafflesia Arnoldi di wilayah hutan Kecamatan Tempursari dekat dengan Desa Pundungsari.

Rafflesia Arnoldi merupakan 1 dari tiga puspa nasional yang sangat langka di dilindungi dan banyak di temukan dihutan luar jawa. Tak tanggung-tanggung, bunga raksasa berwarna merah itu ditemukan 18 buah.

Dua bunga sudah mekar sempurna dan 16 bunga lainnya masih belum mekar. Ukuran bungan berdiameter 35-40 cm yang mekar dan yang belum mekar 10-16 cm.

"Kita dapat informasi dari para relawan pecinta lingkungan, saat kita datang memang kita temukan bunga langka itu jumlahnya 18 buah," ujar Hariyono, relawan Laskar Semeru, Selasa (25/07/2017).

Ini merupakan kebanggan bagi warga Lumajang dan harus ada langkah dari Pemerintah agar bisa dilindungi. Lokasi hutan harus tetap terawat dan dijaga agar tidak ditebang sembarangan sehingga bunga rafflesia arnoldi bisa tumbuh di hutan Lumajang.

"Kita berharap ada langkah dari Pemerintah agar lokasi ini bisa dilindungi dan bunga langka ini bisa tumbuh di Lumajang," jelasnya.

Para aktivis belum berani mempublikasi lokasi bunga, takut banyak yang datang dan rusak. Dari lokasi permukiman warga, membutuhkan waktu 1,5 jam dengan ditempuh jalan kaki.

"Kita belum publikasikan ya, takut banyak yang datang dan bunga-bunga yang belum mekar rusak," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi