Content: / /

Wow..! Lumajang Juga Jadi Penghasil Pepaya Thailand Kualitas Super

Politik Dan Pemerintahan

16 Januari 2019
Wow..! Lumajang Juga Jadi Penghasil Pepaya Thailand Kualitas Super

Hari Putri Lestari (HPL) masyarakat Lumajang yang sedang memanen pepaya Thailand

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kabupaten Lumajang adalah daerah agraris dibawah lereng Semeru yang sangat subur. Banyak buah-buahan dari Lumajang seperti nangka, apukat, nangka, durian, manggis dan lainnya berkulitas super dari Lumajang.

Tak hanya itu, Lumajang bagian selatan hingga ke Jember juga menjadi penghasil pepaya. Siapa yang tidak kenal buah pepaya Thailand? varian jenis Bangkok atau Thailand diakui sebagai bibit unggulan pepaya yang laku keras di pasaran.

"Pepaya Thailand hanya nama saja. Padahal ditanam di Lumajang dengan subur, hasilnya manis, dan dijual murah," ungkap Hari Putri Lestari saat berkunjung ke Lumajang.

Sebagai kawasan pekebunan yang subur, lahan Lumajang sudah lama ditanami buah pepaya dan jeruk. Seiring dengan perkembangan tekhnolgi informasi, bisnis berbasis pemasaran online membuat para pelaku perkebunan buah juga melirik pasar pembibitan.

"Banyak pelaku bisnis argo yang menjual bibit. Termasuk pepaya Thailand dan California," lanjut Tari sapaan akrab Hari Putri Lestari itu.

Wakil ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga berharap identitas asli Lumajang dapat disematkan pada produk pepaya hasil Lumajang suatu saat nanti. "Semoga ke depan desa penghasil pepaya disematkan sebagai nama pepaya-pepaya ini," jelasnya.

Menurutnya menamakan nama desa atau daerah sebagai nama produk buah, dapat mengangkat identitas Lumajang. "Ini bukti kalau kita bisa menanam, membudidaya, dan menghasilkan produk unggulan seperti Bangkok dan California," pungkas Tari yang juga Caleg DPRD Jatim untuk Daerah Pilihan Jember dan Lumajang.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi