Content: / /

Wujudkan Lumajang Smart City Pemkab Teken MOU Bareng Telkom Indonesia

Politik Dan Pemerintahan

14 Desember 2018
Wujudkan Lumajang Smart City Pemkab Teken MOU Bareng Telkom Indonesia

Wabup Bunda Indah bersama General Manager Witel PT Telkomunikasi Indonesia Pasuruan, Setyawan Nugroho teken MOU. ( Foto Humas for Lumajangsatu.com)

Lumajang (Lumajangsatu.com) - Pemkab Lumajang benar-benar serius untuk mewujudkan program Smart City dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, menandatangi MoU dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. MoU itu, adalah tentang Implementasi Smart City di Ruang Rapat Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Jum'a(14/12/2018).

Wabup mangatakan, saat ini Lumajang sudah waktunya menjadi Smart City. "Ini tidak sekadar MoU. Saya dan Pak Bupati sudah sering mengatakan, bahwa Kab. Lumajang sudah waktunya untuk menjadi Smart City. Smart atau cerdas, tidak hanya teknologi saja, tapi orangnya juga harus smart, " ungkapnya.

Wabup juga menjelaskan banyak problem yang harus diselesaikan dengan pemanfaatan teknologi informasi, salah satunya presensi kehadiran ASN, dengan menggunakan aplikasi "Siperlu", yaitu presensi melalui aplikasi menggunakan android.

Meskipun demikian, masih banyak yang perlu diperbaiki dalam aplikasi Siperlu tersebut. Wabup menginginkan adanya alternatif lain, dengan sistem deteksi wajah atau sidik jari pada sistem presensi untuk hasil yang lebih maksimal. "Saya ingin presensi menggunakan sidik jari atau scan wajah. Saya bekepentingan betul terhadap hal ini. Menurutnya, waktu adalah tolak ukur dari kedisiplinan. Kalau ini bisa dilaksanakan tahun depan maka saya senang sekali," ujarnya.

Penggunaan teknologi informatika juga akan dimanfaatkan untuk pengelolaaan E-Office, pajak pasir dan sistem keamanan. "Saya berharap pada smart city ini pajak pasir bisa kita kelola dengan baik. Kita tidak mentoleransi adanya kebocoran pada pajak pasir," pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Witel Pasuruan, Setyawan Nugroho, S.T., mengatakan Kab. Lumajang akan menyusul daerah-daerah lain yang sudah bekerjasama dengan Telkom dalam implementasi smart city.

Ia berharap kesepakatan yang sudah dibuat bisa ditingkatkan, untuk mencapai semua visi misi Kabupaten Lumajang. "Kami sangat berharap, agar kesepakatan ini akan kita tingkatan lagi. Kita dorong agar menjadi lebih implemented. Semoga Kabupaten Lumajang dapat mencapai semua visi dan misinya," ujarnya.

Pihaknya berkomitmen akan membantu semua kebutuhan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam mewujudkan Smart City yang berbasis teknologi informatika, sesuai harapan Pemerintah Kab. Lumajang. (hms/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi