Content: / /

Yuk...!! Intip Resep Cilot Mercon Asli Pagowan

Gaya Hidup

09 April 2018
Yuk...!! Intip Resep Cilot Mercon Asli Pagowan

Cilot dengan rasa yang super pedas (Cilot Mercon)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Bagi 0rang yang suka makanan pedas pasti tau dengan jajanan Cilot Mercon, yang banyak diminati bagi penggila makanan pedas, terutama anak hits jaman now. Kurang afdol kalau tidak nyobain jajanan ini. Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat cilok pedas enak dan lezat asli Pagowan-Pasrujambe-Lumajang.

"Kita akan membahas  Resep Cilok ini sangat mudah, kita bisa membuatnya dirumah, bahan dan cara pembuatannya sederhana dan mudah langsung saja simak cara membuat cilot mercon pedas yang enak dan lezat berikut," ungkap Rumiati, Owner Cilot Mercon, Senin (09/04/2018)

Bahan Cilot, 250 gram tepung aci/ tapioka1 sendok teh garam, bisa ditambah penyedap instan (royco, masako), air secukupnya untuk merebus cilok-3 sendok makan tepung terigu-100 cc air panas (mendidih)
Cara Membuat Cilot.

Siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan tepung aci dan terigu, beri garam dan penyedap secukupnya lalu aduk hingga rata. Selanjutnya, masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis sehingga bisa dibentuk.

Masukkan isi dengan abon sebelum dibentuk menjadi bulat-bulat. Didihkan air di dalam panci, masukkan bulatan adonan lalu masak hingga adonan mengapung. Tunggu beberapa saat agar adonan benar-benar matang, angkat cilok dan tiriskan.

Bahan Membuat Cilot Bumbu Kacang: ½ gandul gula merah2 siung bawang putih150 gram kacang tanah5 buah cabe rawit merah (bisa ditambah lagi supaya lebih pedas )100 cc air3 sendok makan air asam jawagaram secukupnya1 sendok makan minyak untuk menumisminyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Bumbu Kacang Cilot : Panaskan minyak, goreng kacang tanah hingga kecoklatan lalu tiriskan. Setelah itu, haluskan kacang tanah beserta bahan dan bumbu lainnya.Tumis dengan sedikit minyak, tuang air lalu beri garam secukupnya dan tambahkan penyedap jika suka. Setelah mendidih, masukkan cilok dan aduk rata hingga tercampur rata dengan bumbu. Matikan api kompor, angkat dan cilok telah siap untuk dihidangkan.

"Demikianlah cara membuat cilot mercon, semoga bermanfaat," pungkasnya.(In/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi