Detail Berita

Bupati As'at Beri Bantuan Korban Banjir Sungai Kanal di Klakah

Politik & Pemerintahan Lumajang Dibaca : 576
Bupati As

Lumajang (lumajangsatu.com) - Bupati Lumajang As'at Malik melihat korban banjir luapan sungai Kanal di Desa Klakah Kecamatan Klakah. Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) dan Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.

Bupati menyerahkan bantuan makanan tambahan gizi dan lauk pauk kepada 20 kepala keluarga yang terdampak banjir. bantuan tersebut diharapkan meringankan beban warga yang terdampak dengan banjir yang menggenani rumah warga.

"Saya berepsan kepada warga, jaga sungai, jangan dijadikan tempat pembuangan sampah, karena saat hujan sampah akan menyumbat dan mengakibatkan bajir," ujar As'at Malik, Rabu (01/03/2017).

R. Hadi Prayitno, Kepala Dinas PU-TR menyatakan, langkah yang dilakukan dengan melakukan normalisai. Sebab, kondisi sungai yang dangkal tidak mampu menampung air ketika terjadi hujan lebat.

"Kita akan lakukan normalisasi sungai, sehingga jika terjadi hujan sungai mampu menampung air dan tidak meluap dan masuk ke rumah-rumah warga," pungkasnya.

Agus Budianto, Plt BPBD Lumajang meneyebut penyebab banjir karena sungai dijadikan tempat pembuangan sampah. "Sungainya sudah dangkal, banyak sampah juga. Sehingga saat hujan sampah menyumbat dan air meluap kepermukiman warga," terangnya.(Yd/red)