Detail Berita

Tertimpa Batu, Tambang Pasir Sumberwuluh Makan Korban Penambang

Peristiwa Lumajang Dibaca : 1085
Tertimpa Batu, Tambang Pasir Sumberwuluh Makan Korban Penambang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Seorang penambang tradisional Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro tewas tertimpa longsoran batu yang ditambangnya di aliran lahar gunung semeru,(11/03/17). Karena murni kecelakaan kerja selanjutnya mayat korban dibawa kerumah duka untuk dimakamkan.

Ratusan warga dusun Kampung Renteng berkumpul di rumah Mistari (35) untuk mengantarnya  ke liang lahat. "Meninggalnya warga kami ini murni kecelkaan saat mencari pasir di laharan," ujar Sunariyanto, Kasun Kampung Renteng Desa Sumberwuluh.

Saat itu, korban bersama temannya sedang menggali pasir dibawah gundukan pasir setinggi satu meter lebih. Karena menggalinya terlalu dalam dan kurang hati-hati tiba-tiba saja gundukan pasir tersebut longsor dan menimpa korban. Mistari langsung tewas seketika setelah kepalanya tertimpa batu.

Para penambang tradisional di sungai Bondeli Desa Sumberwuluh memang cukup banyak. Rata-rata mereka merupakan penambang illegal. Mereka mengeruk pasir dengan tanpa memperhatikan keselamatan dan lingkungan.(Mad/yd/red)