Content: / /

Kelapa Muda Hijau Asal Ranuyoso Lumajang Banyak Diburu Saat Pandemi

Ekonomi

18 Juli 2021
 Kelapa Muda Hijau Asal Ranuyoso Lumajang Banyak Diburu Saat Pandemi

Seorang petani di Ranuyoso sedang memanen dan menikmati segarnya air kelapa muda hijau

 

Ranuyoso - Permintaan kelapa hijau ditengah meningkatnya konfirmasi positif covid 19 semakin tinggi. Kelapa muda hijau diyakini bisa meningkatkan imun tubuh untuk bisa melawan virus corona bagi yang sudah terjangkit.

Selama dua pekan terakhir, permintaan kelapa muda hijau dari Kecamatan Ranuyoso meningkat drastis. Tak ayal, harga kelapa muda hijau harganya menjadi mahal berkalilipat.

"Sekarang harganya tambah melonjak dua kali lipat, asal hanya 10 ribu sekarang bisa 30 ribu," ujar Mista (32) salah seorang pemilik kelapa hijau warga Desa Tegalbansri Kecamatan Ranuyoso, Minggu (18/07/2021).

Biasanya, dalam sebulan kelapa hijau hanya dipanen sekali saja, saat ini kelapa hijau dipanen 3 kali dalam sebulen. Meski sangat muda sekali, namun kepala hijau masih laku, karena pembeli rata-rata hanya ingin meminum airnya saja.

"Permintaan kalau juragan saya itu 400 sampai 500 butir per 3 hari sekali. Biasanya, hanya 50-100 butir saja, tapi sekarang melonjak," jelasnya.

Endhi Setyo Arifianto, Camat Ranuyoso menyatakan bahwa pasar buah Ranuyoso menjadi salah satu pasar besar yang menyuplai kebutuhan buah untuk sejumlah kota di Jawa Timur. Salah satunya adalah penyuplai kebutuhan kelapa muda, baik kelapa muda biasa atau kepala muda hijau.

banyak pedagang dari Sidoarjo, Surabaya hingga Jakarta mengambil kelapa muda dari Ranuyoso. Dari data Pemeirntah Kecamatan Ranuyoso, diperkirakan dalam 2 minggu terkahir sudah ada sekitar 10-15 ribu butir kelapa hijau yang dikirim ke luar kota untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin meningkatkan imun tubuhnya.

"Ranuyoso sendiri merupakan sentra kelapa muda di Jawa Timur, kelapa hijau adalah unggulan kita yang ada di Desa Ranuyoso, Wonoayu dan Desa Ranubedali," terangnya.

Kelapa muda hijau sekilas sama dengan kelapa muda biasa, yakni memiliki warna kulit hijau tapi dalamnya berwarna merah atau merah muda dan diayaknimemiliki khasiat tersendiri. Banyak yang berpendapat bahwa kelapa hijau bisa meningkatkan imun. "Kelapa hijau merupakan produk unggulan perkebunan dari Ranuyoso," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi