Content: / /

2020 UGM dan UIN Surabaya Akan Teliti Sejarah Lamajang Tigang Juru

Politik Dan Pemerintahan

15 Desember 2019
2020 UGM dan UIN Surabaya Akan Teliti Sejarah Lamajang Tigang Juru

Rombongan Pemkab Lumajang ziarah Situs Biting sebagai rangkaian puncak Harjalu ke-764 tahun

Sukodono - Rangkaian puncak Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-764 tahun diawali dengan ziarah situs biting. Situs yang diyakini sebagai kerajaan Lamajang Tigang Juru dengan raja Arya Wiraraja berada di Situs Biting.

Thoriqul Haq, saat memimpin ziarah makam menyampaikan tahun 2020 akan bekerjasama dengan UGM dan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memulai melakukan penelitian Situs Biting. Penelitian nantinya akan merangkai sejarah dari masa Kerajaan Lamajang Tigang Juru hingga pemerintahan saat ini.

"2020 kita akan kerjasama dengan UGM dan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memulai secara akademis meneliti Situs Biting," ujar cak Thoriq, Minggu (15/12/2019).

Hasil penelitian yang dilakukan UGM dan UIN Sunan Ampel Surabaya pastinya akan bisa lebih dipertanggungjawabkan. "Nanti akan diketahui jenis batu bata, sejarah seperti apa dan lainnya." paparnya.

Pemkab Lumajang akan memberikan perhatian khusus pada Situs Biting. Saat ini, Situs Biting sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Jawa Timur dan diharapkan bisa ditetepkan sebagai cagar budaya nasional. "Kita akan buat perencanaan dengan segala kebersamaan masyarakat," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi