Content: / /

Ada Dugaan Pemindahan Suara Caleg DPR RI Golkar di Gucialit Lumajang

Peristiwa

22 Februari 2024
Ada Dugaan Pemindahan Suara Caleg DPR RI Golkar di Gucialit Lumajang

KPU Lumajang mengawasi langsung rekapitulasi hasil pemungutan suara untuk DPR RI Partai Golkar di PPK Gucialit

Lumajang - Rekapitulasi tingkat Kecamatan atau PPK di Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang sempat terhenti. Pasalnya, ada protes dari tim calon partai Golkar DPR RI nomor urut 1 H. Muhammad Nur Purnamasidi. Protes dilakukan karena ada dugaan pemindahan suara kepada calon lain dalam satu partai.

Empat komisioner KPU Lumajang, yakni Sohudi, Nur Ismandiana, Ridhol Mujib dan Hasyim Asy'ari turun langsung ke PPK Gucialit. Akhirnya, dilakukan rekapitulasi ulang untuk C hasil (plano) yang dicocokan dengan C hasil salinan yang dipegang oleh saksi partai.

Ali Murtadlo, tim dari Caleg DPR RI H. Muhammad Nur Purnamasidi dari Golkar menyatakan, ada pemindahan suara partai dan caleg lain ke salah satu caleg nomor urut 4 yakni Dwi Priyo Atmojo. Ali mencontohkan, di Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit, caleg nomor 4 seharusnya dapat 1 suara, tetapi di hasil rekapitulasi tingkat PPK mendapatkan 18 suara. Ada penambahan 17 suara yang diambilkan dari suara partai dan suara caleg lain. Sedangkan hasil akhir suara partai dan suara caleg hasilnya sama, tidak ada perubahan.

“Jadi yang dipindah adalah suara partai dan caleg lain kepada salah satu caleg,” jelas Ali Murtadlo kepada Lumajangsatu.com, Kamis (22/02/2024) dinihari.

Sementara itu, Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang Divisi Hukum dan Pengawasan menyatakan setelah ada protes maka rekapitulasi dihentikan. Kemudian dilakukan pencocokan antara C hasil (Plano) dengan C hasil salinan yang dibawa oleh saksi.

“Tadi kita dapat laporan kalau ada pergeseran suara. Pergeseran itu jika terjadi ketika di cek harus dikembalikan sesuai dengan C hasil yang sudah ditetapkan di pemungutan dan perhitungan suara di TPS,” jelas Ridhol Mujib.

Ridhol Mujib sudah memastikan dan meminta kepada petugas pemilu mulai PPK, PPS dan KPPS agar tidak ada pergeseran suara sedikitpun. Ditanya mengapa bisa ada perubahan atau pergeseran, Ridhol Mujib mengaku tidak tahu disebelah mana ada pergeserannya. 

“Jika ada ketidaksamaan, maka yang akan dilihat adalah C hasil, karena mahkota dari pemilu itu adalah C hasil,” pungkasnya.

Berikut perhitungan 11 TPS DPR RI Partai Golkar di Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit. Pemindahan dan penggelembungan suara juga terjadi hampir di semua Desa di Gucialit.

Suara Partai Golkar di data saksi 17 dan tertulis di Rekapitulasi KPU 6 suara

Nomor 1 memperoleh 42 dan tertulis di Rekapitulasi KPU 42 suara

Nomor 2 memperoleh 2 dan tertulis di Rekapitulasi KPU 0 (nol)

Nomor 4 memperoleh 1 dan tertulis di Rekapitulasi KPU 18 suara

Nomor 7 memperoleh 5 dan tertulis di Rekapitulasi KPU 1 suara

Total suara partai dan suara caleg 67 suara.(Yd/red)

Facebook

Twitter

Redaksi