Content: / /

Ada Potensi Korban Jiwa Tertimbun Lahar Erupsi Gunung Semeru

Peristiwa

01 Desember 2020
Ada Potensi Korban Jiwa Tertimbun Lahar Erupsi Gunung Semeru

Alat berat terjebak material lahar akibat letusan gunung Semeru di Kabupaten Lumajang

Pronojiwo - Aktivitas Gunung Semeru meningkat sejak sepekan terakhir. Kondisi terkini Gunung Semeru masih rawan terjadi Letusan. Warga kacau berhamburan dan berlarian ke pos pengamanan di Gunung Sawur saat Semeru menyemburkan lava pijar sekitar pukul 02.30 wib dan menjelang subuh.

"Tadi pagi mas sekitar jam 02, seperti ada suara gemuruh, ternyata erupsi," kata Sumiyani saat ditemui Lumajangsatu.com di lokasi penambangan pasir Dusun Supit Urang, Desa Curah Kobok'an, Selasa (01/12/2020).

Dia menjelaskan jika warga berhamburan, ketakutan karena suara gemuruh letusan Gunung Semeru. Sekitar jam 03.30 pihak BPBD melakukan evakuasi warga ke tempat pengungsian di Gunung Sawur.

"Padahal waktu itu, proses penambangan masih berlangsung," katanya.

Dia menduga ada potensi korban jiwa yang tertimbun aliran lahar, karena saat adanya letusan aktifitas penambangan masih berlangsung. "Belum diketahui mas, saat ini kondisinya menakutkan," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Lumajangsatu.com di lokasi Curah Kobokan Pronojiwo, beberapa alat berat tertimbun lahar, dan banyak lahan pertanian warga habis dilahap lahar panas.(Oky/yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi