Content: / /

AKBP Adewira Bersama Anak TK Tanam Pohon di Mapolsek Klakah Lumajang

Gaya Hidup

10 Januari 2020
AKBP Adewira Bersama Anak TK Tanam Pohon di Mapolsek Klakah Lumajang

AKBP Adewira bersama Bhayangkari, anggota polres Lumajang dan anak-anak TK lakukan penghijauan di Mapolsek Klakah

Klakah - Kapolres AKBP Adewira Siregar SIK M,Si beserta puluhan anggota Polres dan Bhayangkari Cabang Lumajang menanam pohon di lingkungan Mapolsek Klakah. Pohon yang ditanam ingin diwariskan untuk generasi masa depan. Penanaman sebanyak 1.569 terdiri dari Pohon Pinus, Pete, Alpukat, Damaran, Juwet, Durian dan Mahoni.

"Hari ini kita juga mengundang 30 anak-anak TK Kemala Bhayangkari tujuannya agar mendidik dari usia dini untuk menanam pohon guna menjaga alam," Kata AKBP Adewira Siregar SIK dalam pidatonya, Jum'at (10/01/2020).

Menanam pohon salah satunya ingin menghijaukan sejumlah tempat yang masih kurang pohon yang utama dampaknya 5-6 tahun ke depan pohon sudah besar dan bisa berkontribusi mengurangi bencana alam. Kegiatan tanam pohon ini guna memenuhi jumlah kuota pohon yang ada di Lumajang.

Karena berdasarkan data statistik provinsi Jawa Timur luas hutan 59,4 ha terdiri dari hutan lindung 12,6 ha suaka produksi 23,3 ha. Hal itu masih kurang jika dibandingkan dengan pemenuhan peraturan pemerintah no 63 tahun 2002 tentang hutan kota, sebuah kota seharusnya memiliki hutan 10% luas total wilayahnya. Ini hanya bisa terpenuhi 5% dari luas wilayahnya.

Dia mengatakan pihaknya ingin gerakan tanam pohon menjadi gerakan masif di jajarannya. Ia ingin kegiatan menanam pohon bukan hanya dilakukan saat ada bencana tapi dilakukan terus-menerus.

"Manfaat pohon ini sangat besar, bisa mencegah banjir, membuat lingkungan asri dan kita juga bisa mewariskan oksigen," pungkasnya.(Ind/yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi