Content: / /

Cak Thoriq Dapat Award Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat BAZNAS

Politik Dan Pemerintahan

17 Januari 2022
Cak Thoriq Dapat Award Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat BAZNAS

Cak Thoriq Terima Penghargaan dari BAZNAS Pusat

Lumajang - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang akrab disapa Cak Thoriq meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat dalam kategori kepala daerah pendukung Gerakatan Zakat di Indonesia. Dampak dukungan dari Cak Thoriq dinilai sangat luar biasa dalam memberikan kesadaran pada masyarakat Lumajang dan Indonesia pada umumnya.

"Saya mendapatkan apresiasi dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) karena beberapa kemitraan bersama BAZNAS yang saling menguatkan. Termasuk dalam beberapa bantuan saat Covid 19, dan terutama pada saat bencana erupsi semeru sekarang ini," ujar Cak Thoriq melalui Akun Facebooknya, Senin (17/1/2022).

Masih kata dia, Pengumpulan bantuan untuk bencana erupsi semeru salah satunya adalah melalui Baznas Kabupaten Lumajang, selain ada juga di beberapa lembaga zakat lain dan beberapa NGO (LSM). Sampai hari ini, bantuan untuk erupsi semeru telah tercatat masuk dalam rekening BAZNAS Lumajang sebesar 36.6 milyar untuk di gunakan pemenuhan fasilitas di tempat relokasi bagi masyarakat yang terdampak erpusi semeru.

"Tentu, ada banyak kebutuhan anggaran untuk pembangunan fasilitas yang melengkapi hunian di tempat relokasi. Misalnya, masjid/musholla, madrasah dan TPQ, sekolah, sarana olah raga (stadion dan sport center), kandang terpadu, GOR atau gedung serbaguna, penerangan jalan, pesangan CCTV untuk keamanan perkampungan, dan kebutuhan lain untuk kepentingan langsung bagi masyarakat yang terdampak erupsi semeru," ungkapnya.

Cak Thoriq juga menyampaukan, Bantuan yang ada di BAZNAS Lumajang di laporkan secara berkala dan di sampaikan secara terbuka kepada masyakat. Semua dilaporkan ke masyarakat, uangnya dari siapa, dari lembaga apa, berapa jumlahnya, di transfer tanggal berapa, di gunakan untuk apa. Semua dilaporkan baik melalui media sosial, maupun laporan resmi kepada publik. Dan juga, keuangan BAZNAS di audit oleh akuntan publik yang dapat di pertanggung-jawabkan.

"TERIMA KASIH. bantuan yang telah diberikan. Sungguh sangat membantu kami masyarakat yang terdampak erupsi semeru. Semoga bantuan ini menjadi kemudahan bagi masyarakat terdampak erupsi semeru untuk kembali berkehidupan yang lebih baik. INSYAALLAH," pungkas menutup akhir dari status orang nomer satu di Lumajang ini. (har/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi