Content: / /

Dibius Pakai Tomat, Kera Liar di Selokbesuki Berhasil Ditangkap

Peristiwa

18 Mei 2019
Dibius Pakai Tomat, Kera Liar di Selokbesuki Berhasil Ditangkap

Monyet liar yang sering mengganggu warga bisa dilumpuhkan dengan dibius

Lumajang (lumajangsatu.com) - Setelah beberapa hari dilakukan upaya melumpuhkan monyet liar di Desa Selobesuki Kecamatan Sukodono akhirnya membuahkan hasil. Umpan makanan dan minuman yang diberi obat bius dimakan, sehingga kera liar itu akhirnya pingsan.

Samsul Nurul Huda, Kasi Kerjasama Satpol PP Lumajang menyatakan Satpol PP bersama dokter hewan melakukan upaya penangkapan. Awalnya, obat bius dimasukkan ke buah tomat dan dimakan sedikit oleh kera liar tersebut.

Karena obat bius tidak ada efeknya, kemudian dipancing lagi menggunakan minuman teh rio. Kera liar tersebut akhirnya menghabiskan semua minuman yang sudah diberi obat bius oleh petugas.

"Setelah kita tunggu selama 4 jam, akhirnya kera liar itu tak sadarkan diri dan berhasil ditangkap menggunkan jaring ikan," jelas Samsul, Sabtu (18/05/2019).

Setelah berhasil ditangkap, dokter hewan kemudian memeriksa kondisi kera dan melakukan operasi ringan. Ada proyektil senapan angin yang bersarang ditubuh kera liar tersebut.

"Mungkin ditembak oleh warga ya, karena kera liar ini sering mengganggu anak-anak sekolah bahkan sempat ada yang digigit," terangnya.

Kera liar itu akan dilakukan perawatan hingga pulih sebelum dilepas di habitat asalnya. Warga dan petugas baru menangkap satu ekor saja, dan infonya masih ada satu ekor lagi yang berkeliaran.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi