Content: / /

Fermentasi Buah Mengkudu Noni Kutorenon Lumajang Miliki Banyak Khasiat

Ekonomi

29 November 2020
Fermentasi Buah Mengkudu Noni Kutorenon Lumajang Miliki Banyak Khasiat

Fermentasi buah mengkudu Noni Super Power Desa Kutoronon-Lumajang

Sukodono - Buah mengkudu (pace) diyakini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Maryono, warga Kutorenon Kecamatan Sukodono membuat fermentasi buah mengkudu yang dipendam dalam tanah selama 4 tahun sehingga mengahasilkan air fermentasi berkualitas.

Fermentasi buah mengkudu banyak khasiatnya, seperti meningkatkan kesehatan otak, mendukung kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan kolesterol, mencegah Kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak khasiat lainnya.

"Fermentasi mengkudu diberi nama Noni Super Power," ujar Maryono, Minggu (29/11/2020).

Buah mengkudu yang dipendam juga pilihan, masak dipohon tapi tidak sampai jatuh ke tanah. Jika sampai jatuh, maka akan berpengaruh pada kualitas fermentasi mengkudu.

"Buah mengkudu yang kita pendam juga pilihan, masak pohon tapi tidak sampai jatuh," paparya.

Noni Super Power dari Desa Kutoronon sudah dijual hingga ke luar daerah. Harganya yang relatif terjangkau, membuat Noni Super Power bisa terjual sampai 300 botol setiap bulan.

"Pembelinya dari Lumajang dan luar kota. Harganya juga sangat terjangkau dan kita pastikan lebih murah dibanding dengan Noni yang lain," jelasnya.

Dalam setahun, dua kali memendam buah mengkudu yang sudah dimasukan dalam wadah yang ditutup rapat. Setiap bulan diambil pendaman mengkudu minimal sudah ada dalam tanah selama 4 tahun. "Kita bisa produksi 1.000 liter fermentasi mengkudu selama sebulan," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi