Content: / /

Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil di Pasar Lumajang

Ekonomi

05 November 2019
Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil di Pasar Lumajang

Salah satu Pedagang Pasar Lumajang.

Lumajang (Lumajangsatu.com) - Menjelang peringatan hari besar, yakni Maulid Nabi Muhammad SAW, sejumlah harga komoditas sayuran dan bumbu masakan di Pasar Baru Lumajang masih stabil , Selasa (05/11/2019). Belum ada lonjakan harga untuk komoditas seperti, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, cabai hijau hingga cabai rawit merah.

Harga bawang putih misalnya, di pasaran, masih berada di kisaran Rp24 ribu/kilogram. Sementara cabai rawit harganya masih di kisaran Rp15 ribu/kilogram, cabai merah Rp17 ribu /kilogram, cabai hijau Rp7000/kilogram serta cabai rawit merah masih Rp40 ribu/kilogram.

“Kalau dibanding bulan lalu sih bisa  justru ada penurunan. Bulan lalu, cabai rawit merah masih Rp55 ribu/kilogramnya, sama cabai merah juga bulan lalu masih Rp30 ribu/kilogram,” ungkap Sulastri, salah satu pedagang pasar.

Namun demikian, khusus untuk bawang merah, harganya justru menurun dalam beberapa pekan ini. Harga bawang merah dibandrol di kisaran Rp16 ribu/kilogram dari yang sebelumnya Rp20 ribu/kilogram. Hal ini disebabkan karena pasokan di tingkat petani tetap terjaga.

“Tidak ada kendala dengan pasokan. Masih aman dan lancar lancar saja. Hanya ada beberapa komoditas yang mungkin karena sekarang mau musim hujan, kayak jahe itu biasanya sudah dipakai buat pembibitan. Tapi tidak masalah juga karena ada pasokan jahe impor dari Thailand,” terang ibu 4 anak itu.

Pedagang lain, Emi mengatakan, beberapa jenis bahan pokok seperti telur ayam, gula, minyak goreng hingga kacang tanah juga belum mengalami kenaikan. Telur ayam misalnya, di tingkat pengecer, telur ayam dijual diangka Rp20 ribu/kg. Sementara gula merah tetap dijual dikisaran Rp14 ribu/kilogram.

Gula putih atau gula pasir masih di kisaran Rp12 ribu. Sementara untuk minyak harganya juga terpantau masih stabil. Minyak curah tetap berada di angka Rp10 ribu. Sementara untuk minyak kemasan masih dijual di angka Rp12 ribu sampai Rp13 ribu/kg.

“Belum ada kenaikan. Masih standar saja. Pasokan juga aman,” kata Emi. (ind/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi