Content: / /

Hemm...!! Segarnya Es Kelapa Kopyor Sembilan Asli Klakah Lumajang

Ekonomi

09 September 2020
Hemm...!! Segarnya Es Kelapa Kopyor Sembilan Asli Klakah Lumajang

Husnul Khan baju putih, berfoto dengan salah satu pelanggan Kelapa Kopyor Sembilan asli Klakah

Klakah - Kabupaten Lumajang yang berada di kaki gunung Semeru dikenal dengan kesuburan tanahnya. Tak hanya jadi penghasil buah pisang, kelapa asal Lumajang juga dikenal memiliki kualitas bagus, tak terkecuali kelapa kopyor.

Kelapa kopyor diyakni memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk meningkatkan stamina. Alhasil, kelapa kopyor sangat laris manis di pasaran, meskipun harganya berkalilipat dibadingkan harga kelapa biasa.

Husnul Khan, pemuda asal Desa Tegal Randu Kecamatan Klakah memanfaatkan peluang tersebut. "Awal saya bisnis kelapa kopyor ini, karena ingin mengenalkan kelapa kopyor asal Lumajang," ujar Husnul kepada Lumajangsatu.com, Rabu (09/09/2020).

Selama ini, kelapa kopyor Lumajang tidak pernah disebut dikalangan pemain kopyor. Yang disebut Jember dan Banyuwangi, padahal kelapa kopyornya sebagian berasal dari Lumajang.

Setelah saya promosikan, ternyata pasar di Jakarta terbuka dan kagum dengan kualitas kopyor Lumajang yang buahnya besar. "Sebelum Covid 19, hampir setiap hari saya bisa kirim 50 butir kelapa kopyor ke Jakarta," paparnya.

Saat datang pandemi Covid 19 ini, permintaan turun drastis karena Jakarta dan daerah lainnya menerapkan lockdown. Padahal, stok kelapa kopyor di Klakah dan sekitarnya sangat melimpah.

Husnul kemudian berfikir agar kopyor dari petani tetap laku terjual meskipun harganya tidak semahal saat normal. Kemudian muncullah ide untuk membuat es kelapa kopyor yang diberi nama Kelapa Kopyor Sembilan.

"Akhinya saya coba jual dalam bentuk es kelapa kopyor mas, alhamdulillah respon pasar cukup bagus. Stok 150 butir kelapa kopyor bisa habis dalam satu minggu," tuturnya.

Kopyor Sembilan kini mulai diminati dan banyak pelanggan yang kembali untuk menikmati nikmatnya kelapa kopyor sembilan. Lokasi rumah yang berada di dekat wisata Ranu Klakah, membuat banyak goweser yang mampir untuk menikmati kelapa kopyor.

"Biasanya pesan dulu mas kalau banyak orang, tapi kalau satu atau dua orang saja, kelapa kopyor tersedia," jelasnya.

Harga satu gelas kopyor yang original 15 ribu dan botolan 10 ribu rupiah. Kopyor Sembilan baru dibuatkan ketika ada pesanan, untuk menjaga rasa dan kualitas agar tetap fresh. "Kita buat jika ada pesanan, agar tetap segar," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi