Content: / /

Ini 8 Lokasi Pasar Murah Ramadhan di Lumajang

Ekonomi

15 Maret 2024
Ini 8 Lokasi Pasar Murah Ramadhan di Lumajang

dok. pasar murah Lumajang

Lumajang - Kabupaten Lumajang terus memastikan stabilitas sejumlah bahan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng tetap dalam kondisi terjangkau saat Ramadhan dan Idul Fitri. Salah satu caranya, Pemkab Lumajang telah menetapkan rencana untuk melaksanakan operasi pasar di delapan lokasi yang berbeda mulai 16 hingga 23 Maret 2024 mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Lumajang, Hari Susiyati, menjelaskan bahwa operasi pasar tersebut merupakan salah satu upaya konkret pemerintah daerah untuk menstabilkan harga pangan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

“Informasi terbaru menunjukkan bahwa Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Lumajang pada minggu ke-4 dan ke-5 bulan Februari 2024 mencapai 2,72 persen dan 3,25 persen secara berturut-turut. Angka tersebut melampaui angka IPH Nasional yang sebesar 2,56 persen,” jelas Hari Susiyati, (14/03).

Ia juga menjelaskan, bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk menurunkan nilai IPH tersebut menjelang Bulan Ramadhan dan seterusnya, sehingga masyarakat dapat mengakses harga bahan pangan dengan lebih terjangkau.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan operasi pasar di berbagai kecamatan:

Kecamatan Tempeh - 16 Maret 2024 di Balai Desa Tempeh Lor

Kecamatan Senduro - 17 Maret 2024 di Dusun Krajan Desa Pandansari

Kecamatan Rowokangkung - 18 Maret 2024 di Balai Desa Rowokangkung

Kecamatan Jatiroto - 19 Maret 2024 di Balai Desa Jatiroto

Kecamatan Randuagung - 20 Maret 2024 di Balai Desa Randuagung

Kecamatan Pasirian - 21 Maret 2024 di Balai Desa Pasirian

Kecamatan Sukodono - 22 Maret 2024 di Balai Desa Dawuhan Lor

Kecamatan Ranuyoso - 23 Maret 2024 di Balai Desa Meninjo

 Ia menambahkan, bahwa Operasi Pasar akan dimulai pukul 09.00 WIB, dengan bahan pangan utama yang akan dijual meliputi beras, gula, dan minyak goreng.

“Dengan adanya operasi pasar ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan dampak positif dalam akses terhadap harga pangan yang lebih stabil dan terjangkau. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjaga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lumajang,” harapnya.(Kom/red)

Facebook

Twitter

Redaksi