Content: / /

Inilah Rahasia Umur Panjang dan Tubuh Bugar Mbah Kerto Ranu Pane

Tokoh

19 September 2021
Inilah Rahasia Umur Panjang dan Tubuh Bugar Mbah Kerto Ranu Pane

Mbah Kerto Warga Desa Ranu Pane Kecamatan Senduro Lumajang saat berbincang dengan tamunya.

Lumajang - Mbah Kerto Tokoh Masyarkat Desa Ranu Pane Kecamatan Senduro kini berusia 102 tahun masih memiliki tubuh bugar dan masih beraktifitas seperti warga tengger umumnya. Ternyata, resep umur panjang dan memilih tubuh kekar dengan memakan sayuran.

"Saya sudah mengkonsumsi sayuran, nasi mulai dikurangi sejak lama," ungkap Mbah Kerto saat bercerita di kediamannya, Sabtu (19/9/2021).

BACA JUGA ;

Lanjut dia, dirinya memiliki aktifitas padat mulai ke ladang dan mengantar sayuran menggunakan truknya. Untuk menjaga tubuh bugar tetap ke ladang sebagai olah raga.

"Saya ini masih ikut mencangkul di ladang," jelasnya.

Untuk mengurangi keriput dibagian wajah dan badannya. Mbak Kerto mengkonsumsi daun pepaya yang direbus. "Airnya saya minum, memang pahit, tapi alhamdulillah sangat bagus bagi tubuh," ungkapnya.

Selain beraktifitas biasa seperti suku tengger berladang. Untuk mengontrol emosi dengan terus menjaga agar selalu terkontrol. "Saya harus pandai jaga emosi, kalau marah ya marah dan selesai," terangnya.

Mbah Kerto dikenal sosok yang dermawan. Kekayaannya yang mencapai lebih dari 10 Milyar adalah bonus buah kerja kerasnya. Dia memiliki 10 truk untuk mengangkut hasil ladangnya. "Selain berladang ya dagang," paparnya.

Di usia akan menginjak ke 103 tahun, Kerto akan selalu membagikan kebaikan dan juga sebagian hasil ladang ke tetangga serta pekerjanya.

Untuk 6 anak angkatnya yang berkeluarga sudah dibuatkan anak dan sebagian sudah diberi ladang untuk digarap. "Sekarang hanya menikmati hidup dengan tetap ke ladang," jelas pria bejenggot putih. (har/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi