Content: / /

Jembatan Layang Bondeli Lumajang Dibangun Diatas Aliran Lahar Semeru

Ekonomi

26 Juni 2020
Jembatan Layang Bondeli Lumajang Dibangun Diatas Aliran Lahar Semeru

Survei topografi untuk pembangunan jembatan layang di Dusun Bondeli Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro

Candipuro - Keinginan warga Dusun Bondeli Desa Sumberwuluh untuk memiliki jembatan gantung nampaknya bisa segera terealisasi. Pasalnya, tim dari Kementrian PU sedang melakukan survei topografi untuk rencana pembangunan jembatan gantung di tahun 2020.

"Lumajang dapat prioritas, dan hari ini dilakukan survei topografinya," ujar Abdul Azis, Plt Kepala Desa Sumberwuluh kepada Lumajangsatu.com, Jum'at (26/06/2020).

Jembatan gantung Bondeli akan menghubungkan dua Desa, yakni Desa Sumberwuluh dan Desa Jugosari. Namun, yang akan menikmati banyak manfaatnya adalah warga Sumberwuluh, baik secara akses kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

"Jembatan ini satu tiang berada di Desa Jugosari dan satu tiang lagi ada di Desa Sumberwuluh," paparnya.

Jika sudah berdiri, maka jembatan gantung Bondeli bisa jadi jembatan terpanjang se Jawa Timur dengan bentangan 147 meter diatas sungai lahar gunung Semeru. Informasinya, pekerjaan awal akan dimulai pada bulan Nopember 2020. Diperkirakan, awal tahun 2021 jembatan tersebut sudah bisa digunakan.

Selama ini, warga Bondeli harus menyebrang derasnya sungai lahar Semeru untuk mendapatkan akses kesehatan dan pendidikan. Jika sedang terjadi lahar dingin, maka warga tidak bisa kemana-mana dan terisolasi dan harus menunggu banjir surut untuk bisa menyebrang.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi