Content: / /

Kadispora : Sirkuit BMX Lumajang Bisa Gelar Even Internasional

Olah Raga

15 Oktober 2020
Kadispora :  Sirkuit BMX Lumajang Bisa Gelar Even Internasional

Paimin Kadispora Lumajang.

Sumbersuko - Kabupaten Lumajang genjot persiapan sebagai tuan rumah Porprov Jatim VII 2022. Salah satu  menyita perhatian publik adalah pembangunan Sirkuit BMX dikawasan pemandian alam Selokambang, yang digadang mampu menjadikan Lumajang sebagai titik sentral kejuaraan BMX kelas Internasional.

Pembangunan sirkuit BMX dikawasan pemandian alam Selokambang, Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko sudah berjalan 60% dan di prediksi selesai di akhir November.

Untuk memahami langkah jangka panjang pemerintah, mengenai pembangunan Sirkuit BMX di area Selokambang. Lumajangsatu.com menemui kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Paimin. Dia menjelaskan jika pembangunan sirkuit BMX Lumajang mengacu ke Sirkuit BMX Banyuwangi yang sudah standart Internasional.

"Kalau banyuwangi belok kanan, kalau Lumajang belok kiri ada spesifikasi sendiri. Banyuwangi itu rutin setiap April gelar kejuaraan BMX Internasional dan rencananya angan-angan kami dari Lumajang juga demikian,"jelasnya Kamis (15/10/2020).

Menurutnya Sirkuit BMX Lumajang berpotensi menjadi titik sentral kejuaraan BMX kelas Internasional, hal demikian ditengarai lokasi Sirkuit Lumajang yang strategis. "Sebenarnya pemilihan lokasi di Selokambang juga berniatan memajukan wisata Lumajang serta ada hubunganya dengan konsep Sport Tourism yang tengah digarap oleh Pemkab,"paparnya.

Sirkuit BMX Lumajang akan satu kesatuan dengan Pemandian Alam Selokambang. "Nanti pintu masuk lewat pemandian Selokambang, mungkin akan ada jalur khusus, ada pintu luar hanya di khususkan sebagai pintu darurat tiketnya nanti ingklut ke selokambang,"jelasnya.

Menurutnya Sirkuit BMX akan dibuka untuk umum namun tersistem dengan koordinator yang menaunginya. "Karena Sirkuitnya Ekstrim, jadi kalau berangkat secara individu takut ada apa-apa,"tambahnya.

Di Lumajang sendiri ada banyak lomunitas BMX, bahkan ada beberapa atlet BMX Lumajang yang berprestasi. "Seagame 2018 atlet yang dapat medali emas dari Lumajang, Porprof 2019 medali emas dan perak dipegang atlet Lumajang,"katanya.

Paimin memungkasi paparanya dengan mengungkapkan jika pembangunan Sirkuit BMX sangat ditunggu para komunitas BMX, karena sebelumnya atlet BMX banyak latihan di Sirkuit Downhill yang ada di Siti Sundari. (Oky/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi