Content: / /

Luhita Cs dari Smada Juarai Karya Ilmiah Pertanian Lumajang

Anak Muda

27 April 2019
Luhita Cs dari Smada Juarai Karya Ilmiah Pertanian Lumajang

Foto Luhita Cs dari Smada Juarai LKTI Pertanian Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Luhita Labibah Pangestu bersama kawan-kawan berhasil menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang digelar Dinas Pertanian Lumajang. Ia bersama 2 temannya, Isfiana Nurfaidatur Rohmah dan Yasmin Amirotul Muslimah membawa harum nama SMAN 2 Lumajang.

Tiga siswi Kelas XI itu jadi juara berkat karyanya yang berjudul "Potensi Pertanian Organik dengan Beberapa Varietas Padi Guna Pelestarian Plasma Nutfah dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat Lumajang". LKTI 2019 mengusung tema "Menumbuhkan Pelajar Lumajang Cinta Pertanian".

"Lumajang memiliki potensi untuk mengembangkan pertanian, khususnya pertanian organik dilihat dari topografi wilayah," kata Luhita memberikan alasan dibalik karya tulisnya itu.

Lanjutnya, ide tulisan itu muncul karena melihat bahaya kimia yang dikonsumsi oleh tubuh. Salahsatunya adalah beras anorganik yang lebih banyak dikonsumi manusia saat ini. "Maka dari itu diperlukan pengembangan pertanian organik," jelasnya.

Sebagai juara 1, Luhita dan kawan-kawan berhak meraih hadiah Rp 1 juta setelah mengalahkan sekolah lainnya yang ikut berpartisipasi. Sementara untuk juara 2 diraih oleh SMAN Tempeh dan juara 3 juga diraih dari SMAN 2 Lumajang.

Tidak hanya mendapat hadiah uang tunai, anak-anak yang berhasil juara 1, 2, dan 3 ini rencananya akan mendapatkan pembinaan oleh Dinas Pertanian. "Nanti kalau ada acara-acara Dinas Pertanian yang berkaitan dengan karya tulis kita, disuruh ikut," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Lumajang Imam Suryadi menyampaikan, lomba ini merupakan rangkaian acara Pasar Tani dan Festival Durian 2019. Untuk Lomba KTI, selain tingkat SLTA, juga ada tingkat SLTP.

Puncak acara Pasar Tani dan Festival Durian digelar pada 26-28 April 2019 di Halaman Parkir Stadion Semeru. "Dalam acara itu ada kontes durian, lelang produk unggulan, bazar produk olahan, dan lainnya," kata Imam. (nr/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi