Content: / /

Lumajang Miliki Alat TCM Indentifikasi Positif dan Sembuh Covid 19

Lumajang Miliki Alat TCM Indentifikasi Positif dan Sembuh Covid 19

Alat Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk identifikasi pasien positif atau sembuh dari Covid 19

Lumajang - Penanganan Covid 19 di Kabupaten Lumajang diharapkan akan lebih cepat. Pasalnya, RSUD dr. Haryoto sudah mengoperasikan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) prodak Amerika untuk menngidentifikasi lebih cepat orang positif atau sembuh Covid 19.

"Alat ini untuk pemeriksaan swab identifikasi virus corona yang hasilnya dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam," ujar Thoriqul Haq, Bupati Kabupaten Lumajang, Senin (01/06/2020).

Dengan alat TCM yang ada di RSUD dr. Haryoto, Lumajang tidak perlu lagi mengirim swab ke Laboratorium Kesehatan di Surabaya, yang selalu menunggu waktu lama untuk memastikan hasil swabnya negatif atau positif. Sehingga penanganan akan lebih cepat dan butuh waktu satu sampai 2 minggu lagi untuk mengetahui hasil positif atau negatif.

"Kita tidak perlu nunggu lama lagi untuk mengetahui orang positif atau sembuh dari Covid 19," paparnya.

Alat TCM awalnya adalah alat untuk mendiagnosis penyakit tuberkulosis (TB).Saat ini TCM ini akan mengindentifikasi RNA (Ribonucleic Acid) pada virus Corona dengan alat cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona. "Kita sudah punya tiga alat TCM dan cartridge disupali dari pusat," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi