Content: / /

Padang Savana Pandawangi Lumajang Terendam Air Pasang

Peristiwa

03 Agustus 2021
Padang Savana Pandawangi Lumajang Terendam Air Pasang

Savana View Pandanwangi teremdam air seperti lautan

Tempeh - Anomali cuaca yang tak menentu membuat Padang savana di Pandawangi Kecamatan Tempeh teremdam air. Genangan berasal dari air hujan dan air laut pasang sehingga menggenangi hamparan rerumputan dan lahan pertanian warga.

Abdul Rahman Saleh, anggota DPRD Lumajang menginformasikan bahwa banjir genangan pada tanggal 03 Agustus 2021 adalah terparah dalam beberapa tahun terakhir. "Ini yang terparah mas dalam beberapa tahun terkahir," ujar Rahman kepada Lumajangsatu.com, Selasa (03/08/2021).

Air laut pasang sebenarnya tidak naik lewat gundukan pasir, tapi meresap dari bawah. Kondisi padang savana yang lebih rendah, mengakibatkan genangan air tidak cepat surut. "Kalau parah seperti ini biasanya berdampak pada lahan pertanian," jelas politisi PKB itu.

Genangan air biasanya juga merusak lahan pertanian semangka di Desa Pandanwagi. Hal itu membuat para petani merugi, karena jika umur semangka masih dibawah 25 hari bisa gagal panen. "Musim penghujan lalu banyak lahan semangka milik petani rusak akibat air laut pasang," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi