Content: / /

Patung Kuda Kencak Alun-alun Dipindah ke Pintu Masuk Lumajang di Ranuyoso

Gaya Hidup

14 Oktober 2017
Patung Kuda Kencak Alun-alun Dipindah ke Pintu Masuk Lumajang di Ranuyoso

Kenangan patung kuda kencak saat masih berdiri tegak di Alun-alun Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Setelah 2 tahun menghiasi Alun-alun Lumajang, akhinya patung kuda kencak dipindah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang menempatkan ikon kebudayaan Lumajang itu ke pintu masuk perbatasan Probolingo-Lumajang di Kecamatan Ranuyoso.

"Kita pindah ke pintu masuk Lumajang di Ranuyoso yang berbatasan dengan Probolinggo," ujar Nurul Huda Kepala DLH Lumajang, Sabtu (14/10/2017)

Pertimbangannya patung kuda kencak dipindah ke Ranuyoso, karena Ranuyoso-Klakah banyak seniman kuda kencak. Saat ini, Kuda Kencak sudah jadi warisan budaya tak benda asli Lumajang yang ditetepkan Kementrian Pendididkan dan Kebudayaan.

"Jika kita tempatkan di pintu masuk, maka warga Lumajang dan pengguna jalan akan selalu ingat bahwa Kuda Kencak kebudayaan asli Lumajang," paparnya.

Saat ini, DLH sedang melakukan perbaikan pintu masuk Lumajang dengan pembuatan taman dan lampu hias. Sejumlah titik di kota Lumajang termasuk Alun-alun dilakukan perbaikan agar lebih indah dan enak dipandang.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi