Content: / /

Pesisir Pantai Lumajang Laksana Medan Perang saat Latbakjatrat TNI

Peristiwa

04 Juni 2021

Lumajang - Kegiatan latihan menembak senjata berat (Latbakjatrat) Terintegrasi di area AWR Pandanwangi masih berlangsung hingga malam. Letusan dari alutsista TNI AD bergemuruh di langit pantai selatan hingga memrah, Kamis (3/6/2021) malam.

Sejumlah prajurit TNI tampak bersiap menyiapkan senjata serta amunisi hingga terjadilah latihan tempur menghiasi langit malam. Bahkan, warga mengibaratkan perang di jalur Gaza antara Hamas Palestina dengan Pasukan Israel.

Masyarakat Lumajang antusias mengabadikan momen tersebut dengan merekam video karena latihan ini ada setahun sekali. Tampak dalam video tersebut memperlihatkan di bawah kemerlip bintang-bintang langit, para prajurit menembakkan peluru ke musuhnya. Mereka langsung membuat formasi bersiap di haluan menunggu instruksi selanjutnya.

Menurut Ana Nuril Mustafidah (23) warga Desa Jatigono Kecamatan Kunir mengungkapkan bahwa dia kagum terhadap para prajurit untuk mempertahankan NKRI hingga malam hari tetap berlatih.

"Tanpa harus ke lokasi dari rumah sudah kelihatan Mbak" kata Ana.

Sebelumnya Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto S,Sos mengungkapkan bahwa latihan ini harus menyerupai pertempuran sebenarnya, sebab untuk melatih prajurit agar memiliki naluri tempur dalam kondisi dan waktu apa pun serta andal dalam menghadapiancaman serangan pesawat udara maupun rudal balistik.

"Kita akan memaksimalkan kekuatan tempur," jelasnya. (ind/har/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi