Content: / /

Pimred Lumajangsatu.com Lulus Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers

Pimred Lumajangsatu.com Lulus Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers


Lumajang(lumajangsatu.com) - Pimred Lumajangsatu.com, Babun Wahyudi menjadi salah satu peserta yang lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  PWI Jember dari 40 perserta di Hotel Astonn Jember mulai tanggal 5-6 Juni 2015. UKW adalah bagian dari Persatuan Wartawan Indonesia bekerjasama dengan Dewan Pers untuk menertibkan kerja jurnalis sesuai dengan Undang-Undang Peras No. 40 Tahun 1999.

Alhamdulillah, Uji Kompetensi Wartawan berjalan dengan baik, ungkapnya.

Babun menceritakan, UKW adalah salah satu bagian tes bagaimana wartawan itu memiliki kompetensi baik menulis, mencari berita dan kedekatan dengan narasumber. Sehingga, wartawan diwajibkan mengusulkan 20 nama narasumber beserta nomer HP pribadi untuk bisa dihubungi.

Kemarin, saat UKW, saya diminta menghubungi Kapolres Lumajang dan Ketua DPRD, Alhamdulillah keduanya mau mengangkat, ini bukti bahwa antara wartawan dengan narasumber terjalin hubungan yang baik, terang Yudi yang juga reporter Radio Gloria.

Yudi mengaku, UKW sangat penting bagi jurnalis, karena dalam UU No. 40 Tahun 1999, sudah diatur jurnalis harus memiliki kompetensi. Ini sangat bagus dalam peliputan, jadi kinerja wartawan dalam kebebasan pers terlindungi. Narasumber tidak lagi bisa menolak pers untuk diwawancara untuk kepentingan publik, paparnya.(ls/red)

 

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi