Content: / /

Ponpes Sunan Kalijogo Tunjung Lumajang Gelar UNBK Kesetaraan

Pendidikan Dan Kesehatan

12 Maret 2020
Ponpes Sunan Kalijogo Tunjung Lumajang Gelar UNBK Kesetaraan

UNBK PKPS Ponpes Sunan Kalijogo Desa Tunjung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Randuagung - Setelah tertunda selama 2 tahun, Ponpes Sunan Kalijogo Desa Tunjung bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian digelar selama 5 hari dari program Pendidikan Kesataraan Pesantren Salafiyah (PKPS) dibawah naungan Kementrian Agama.

"Alhamdulillah, mulai kemarin Ponpes Sunan Kalijogo bisa menggelar UNBK dari program PKPS," ujar Totok Budianto, koordinator PKPS Lumajang, Kamis (13/03/2020).

PKPS adalah program bagi pesantren salafiyah yang tidak ada pendidikan formalnya. Para santri bisa mengikuti ujian kesetaraan mulai Ula (MI/SD), Wusta (SMP/MTs) dan Ulya (MA/SMA/SMK).

"Para santri yang belajar kitab kuning setiap hari, tetap bisa mengikuti ujian dan ijazahnya disetarakan dengan pendidikan formal," jelasnya.

Pesantren salafiyah bisa menggelar UNBK dengan menambah beberpa mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Dengan PKPS, lulusan pesantren salafiyah ijazahnya akan sama dengan pendidikan formal. "Kita berharap program ini akan bermanfaat bagi para santri pesantren salafiyah," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi