Content: / /

Ribuan Pemuda Lumajang Hijaukan Bumi Perkemahan Glagaharum

Anak Muda

23 Oktober 2020
Ribuan Pemuda Lumajang Hijaukan Bumi Perkemahan Glagaharum

Lokasi perkemanan Glagaharum yang sempat longsor kini dilakukan penghijauan dengan penanaman ribuan pohon

Senduro - Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 23 Oktober, bersama ribuan pemuda, menanam 2000 bibit pohon di Bumi Perkemahan Glagaharum, Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Jum'at (23/10/2020).

Lumajangsatu.com tiba dilokasi Bumi Perkemahan Glagaharum sejak pukul 06.00. Ribuan pemuda Pramuka dan beberapa komunitas lainya sudah memadati area Bumi Perkemahan Glagaharum. Acara yang bertemakan 1.000 pemuda hijaukan Bumi Glagaharum Pemuda Menanam, Bersatu, dan Bangkit langsung dibuka oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati.

Dalam sambutanya Cak Thoriq mengungkapkan bahwa Bumi Perkemahan Glagaharum akan menjadi icon perkemahan Jawa Timur. "Kegiatan luar biasa dalam rangka Sumpah Pemuda, Bumi Perkemahan Glagah Arum berawal dari ide Ibu Wakil Bupati yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lumajang dan Glagaharum akan jadi Icon perkemahan Jawa Timur," jelasnya.

Bupati juga membuka peluang penghijauan bagi seluruh masyarakat yang berjejaring dengan komunitas, jika akan melakukan penanaman di Glagaharum dengan pohon swadaya."Bumi perkemahan ini kita bangun bersama, kita gotong royong," tambahnya

Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah menjelaskan jika antusias pemuda untuk penghijauan sangat besar. Bunda Indah juga akan menindak lanjuti antusias pemuda dengan ajakan membersihkan Ranu Pani yang di agendakan tahun depan.

"Target kami 1.000 orang tapi 2000 orang lebih yang hadir, sangat luar biasa. Tahun depan kita akan mengajak bareng-bareng lagi membersihkan Ranu Pani," terangnya.

Dia juga menjelaskan jika menanam pohon merupakan kewajiban setiap orang, karena pohon menghasilkan Oksigen yang dibutuhkan manusia.

"Hari ini kita sedekah oksigen jika kita menanam pohon kita menanam 1 pohon menghasilkan 1,2 kilogram oksigen sedangkan satu orang setiap hari membutuhkan 1/2 oksigen, maka wajib bagi kita setiap manusia untuk menanam pohon," pungkasnya.(Oky/yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi