Content: / /

Saat Lahar Letusan Semeru Aktifitas Tambang Pasir Masih Berlansung

Peristiwa

01 Desember 2020
Saat Lahar Letusan Semeru Aktifitas Tambang Pasir Masih Berlansung

Aliran lahar Semeru dari abu vulkanik memenuhi sungai Curah Kobokan

Pronojiwo - Sekitar pukul 02.00 wib Selasa (01/12/2020) gunung Semeru meletus dan menyemburkan abu vulkanik. Lahar panas langsung memeneuhi aliran lahar Semeru di sejumlah sungai seperi Curah Kobokan.

Saat terjadi banjir lahar panas, aktifitas pertambangan pasir masih berlansgung. Akibatnya, sejumlah alat berat dan truck tertimbun karena tidak bisa diselematkan.

Bahkan, informasi warga masih ada sopir truck yang belum diketathui keberadannya. "Info warga ada sopir yang belum diketahui keberadannya," ujar Sugianto, anggota DPRD Lumajang yang juga warga Pronojiwo.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim 0821 juga turun langsung. Bupati meminta warga tenang namun tetap waspada.

Warga juga diminta mengungsi ke lokasi yang cukup aman dari janagkaun semburan abu vulkanik. Polisi juga memastikan akan melakukan penjagaan, sehingga tidak perlu khawatir dengan harta benda yang masih ditingkat dirumah warga.

"Kami minta warga tenang tapi terus waspada, semua persiapan sudah dilakukan untuk hal yang terburuk," papar Cak Thoriq.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi