Content: / /

Sosialisasi Rokok Ilegal Temukan Pita Cukai Bekas di Lumajang

Politik Dan Pemerintahan

03 November 2021
Sosialisasi Rokok Ilegal Temukan Pita Cukai Bekas di Lumajang

Plt Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Ivan Ludianto sedang memberikan sosialisasi pita cukai ilegal

Lumajang - Sebagai upaya meningkatkan pengawasan terhadap rokok ilegal. Pemerintah Kabupaten Lumajang sosialisasi edaran bea cukai menggalakkan operasi gempur rokok ilegal. Dari keterangan para peserta sosialisasi ditemukan modus pengumpulan pita cukai bekas. (01/11).

Hal ini diungkapkan dari beberapa peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut. Adapun modus yang dilakukan dengan melepas pita cukai rokok yang ada dibungkus rokok dengan hati-hati.

Sehingga, tidak sampai rusak atau sobek. Pita cukai tersebut lantas dikumpulkan dan dijual kembali ke perusahaan rokok dengan harga yang jauh lebih murah. Modus yang dilakukan juga banyak, salah satunya mengelabui penjual rokok untuk mengumpulkan pita cukai dengan iming-iming hadiah tertentu.

Lebih lanjut pemerintah menetapkan aturan pemasang pita cukai pada produksi hasil tembakau. Pengumpulan pita cukai bekas sudah tentu merugikan negara. Plt Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Ivan Ludianto menghimbau kepada masyarakat maupun penjual pokok untuk tidak tertipu, jika ada oknum yang meminta mengumpulkan pita cukai bekas.

"Dari sini kita tau modus yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab," kata Ivan.(Ind/yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi