Content: / /

Warek II IAI Syarifuddin Pantau Mahasiswa KKN Untuk Riset PAR

Pendidikan Dan Kesehatan

03 Desember 2019
Warek II IAI Syarifuddin Pantau Mahasiswa KKN Untuk Riset PAR

Warek II IAI Syarifuddin, Haidar Idris saat diskusi dengan Mahasiswa KKN untuk Riset PAR di Tukum.

Tekung - Wakil Rektor II IAI Syarifuddin, Haidar Indris melakukan monitoring terhadap mahasiswanya yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Tekung dan Yosowilanggun. Hal ini untuk memastikan mahasiswnaya melakukan riset metode Partisipatory Action Research (PAR) sesuai dengan tahapannya.

"Saya memantau langsung dan membimbing mahasiswa KKN sedang melakukan PAR," ujar Haidar ditemui lumajangsatu.com di Desa Tukum Kecamatan Tekung, Selasa (3/12/2019).

Menurut dia, KKN berbasis metode riset PAR diharapan mahasiswanya sebagai researcher bisa menjadikan suatu kelompok masyarakat sebagai obyek diteliti. Sehingga ada transformatif masyarakat sebagai pelaksana PAR sendiri.

"Jadi masyarakat bisa memahami masalah dan menyelesaikan sendiri," ungkapnya.

KKN Berbasis PAR IAI Syarifuddin agar masyarakat memiliki kesadaran sendiri terhadap masalahnya. Kemudian membawa perubahan nilai sosial di masyarakat.

"Jadi mahasiswa menjadi pendampingi masyarakat untuk menyelesaikan masalahnya sendiri," jelas bapak 1 anak itu.

Salah satu Dosen IAI Syarifuddin, Ihwanul Muttaqin mengaku, dalam suksesi PAR ini diharapkan sepatisipatig mungkin masyartakat dan pemangku kebijakan. Sehingga masyarakat dan mahasiswa belajar bersama untuk menyelesaikan permasalahn di lingkunganya.

"Jadi PAR ini untuk mengajak masyarakat untuk aksi sendiri terhadap masalah dilingkunganya," paparnya. (ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi