Content: / /

Melimpah, Harga Kelapa Asli Ranuyoso Anjlok

Ekonomi

24 Mei 2018
Melimpah, Harga Kelapa Asli Ranuyoso Anjlok

Para pedagang di pasar Ranuyoso sedang membawa kelapa

Lumajang (lumajangsatu.com) - Sejak lima bulan terkahir, harga kelapa Ranuyoso anjlok. Pasalnya, harga kelapa super yang biasanya 4-5 ribu, saat ini hanya 2 ribu saja. Sedangkan harga kepala biasa, hanya dibawah Rp. 1.500.000 saja.

Rohkmad, salah seorang petani yang biasa menjual kelapa ke pasar tumpah Ranuyoso mengaku harga ini sangat merugikan warga. Banyak petani yang akhirnya membawa pulang kelapa yang dijual ke pasar, karena harganya sangat murah.

"Harga kelapa yang super paling mahal hanya Rp. 2.500.000, padahal jika harganya normal sampai 5 ribu rupiah," jelas Rokhmad, Kamis (24/05/2018).

Murahanya harga kelapa Ranuyoso ditengarai karena banyaknya kepala asal luar daerah yang juga dijual di Lumajang. Alhasil, kelapa dari luar daerah itu membuat harga kelapa asli Lumajang menjadi anjlok dan rusak.

"Kalau pembelinya atau pedagangnya banyak mas, tapi kelapa di Ranyoso melimpah dan ditengarai karena banyak kelapa dari luar daerah seperti Banyuwangi juga dijual di pasar Ranuyoso," terangnya.

Para petani berharap ada penanganan oleh pemerintah, karena harga itu sangat murah sekali. "Kita berharap ada campur tangan pemerintah, agar harga kelapa Ranuyoso bisa kembali normal," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi