Kuliner Lumajang

Menikmati Lezatnya Mie Vietnam di Cafe Teras Kali

lumajangsatu.com
Sajian menu mie vietnam

Lumajang (Lumajangsatu.com)- Lumajang sebagai surga kuliner menjanjikan banyak varian makanan. Tak heran jika kota kembang ini dikunjungi banyak wisatawan, terutama wisatawan domestik yang ingin mencoba menu unik hasil kreativitas warganya.

Selain itu, di kota pisang pun memiliki banyak rumah makan atau restoran yang menawarkan menu makanan mancanegara. Terbaru, ada satu resto makanan yang jarang ditemui yaitu yang menawarkan makanan khas Vietnam.

Tempat makan yang menyajikan menu khas Vietnam ini baru saja dibuka. Meskipun baru dibuka tampaknya pengunjung yang penasaran sudah mulai berdatangan.

Menu yang ditawarkan di Cafe Teras Kali memang tidak banyak, intinya hanya dua, yakni Pho Bo (kuah kaldu sapi) dan Pho ga (kuah kaldu ayam). Saat ditanyai alasannya, Primus, sang pemilik mengatakan kalau ia ingin restorannya identik dengan Pho saja.

"Kami ingin restoran kami jadi spesial Pho saja, lebih enak begini tapi diperdalam," ujar Fredy

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

Beralamatkan di Jl. Panglima Besar Sudirman, Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang ini dibagi lagi menjadi Pho Special, Pho Tai Nam, dan Pho Chin. Pho Special berisi kwetiaw kuah dengan daging dada, perut, paha dan bakso. Pho Tai Nam berisi daging paha dan perut, sementara Pho Chin berisi daging dada saja.

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

Harga yang dipatok di tempat ini juga tidak mahal, di bawah Rp50.000. Dengan uang Rp25.000, kamu sudah bisa menyantap Pho Ga, sedangkan untuk Pho Bo, harganya dipatok mulai dari Rp28.000-Rp39.000.

Nama Pho Anh Ba ini ternyata ada filosofinya lho. Kata "Anh Ba" dalam bahasa Vietnam berarti "kakak" . Nama ini berhubungan dengan latar belakang dibangunnya tempat ini.

Awalnya, kakak dari istri pemilik memiliki restoran Pho di Vietnam. Dia bercita-cita ingin membuka restoran Pho di seluruh dunia, namun impiannya belum sempat tercapai karena keburu meninggal. Akhirnya, cita-citanya tersebut dilanjutkan oleh sang adik, dengan membuka restoran di Indonesia.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

Ada tradisi unik saat memakan Pho, sebelum makan, biasanya orang Vietnam menuangkan saus sambal dan saus Hoisin ke dalam mangkuk saus dengan perbandingan setengah-setengah.

Nah, kalau biasanya kita di Indonesia memasukkan saus ke dalam kuah, kalau di Vietnam kita mencocol baso dan daging dalam Pho ke saus tadi, baru dimakan.(Ind/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru