Sineas Lumajang Berkarya

AKBP Arsal Sahban Bermain Film Perjuangan "Iptu Jama'ari" Karya Anak Lumajang

lumajangsatu.com
Arsal Sahban memerankan Iptu Jama'ari berakting memimpin penyerbuan ke markas belanda saat shooting.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban menjajal dunia akting dan bermain film karya anak Lumajang yang tergabung di Cantas Film berkolaborasi dengan member grup facebook Sahabat MAS. Orang nomer satu di jajaran kepolisian resort kaki Gunung Semeru  memerankan tokoh Iptu Jama’ari, tokoh perjuangan yang harus gugur bersama dengan 18 anggotanya di sekitaran Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Keahlian berakting didepan kamera ternyata seperti saudara perempuanya yang pernah bermain di layar kaca. Dalam beberapa take gambar per scene, Arsal tampak mampu memerankan tokoh pahlawan lokal Lumajang dalam mempertahankan Kemerdekaan RI.

Baca juga: Konsistensi Sineas Promokan Lumajang Lewat Film Adoh Welasku

Dalam sebuah sinopsis dan skenario, Pertempuran sengit antara Mobrig yang dipimpin Iptu Jamaari melawan tentara Belanda tercatat terjadi pada tanggal 13 November 1947, di sekitaran Desa Tumpeng. Pertempuran tak seimbang tersebut mendesak Jamaari dan pasukan nya hingga kehabisan peluru. Namun api kemerdekaan masih tetap berkobar di hati dan jiwa para pejuang Indonesia tersebut. Bersenjatakan parang serta sangkur yang mereka bawa, para pejuang bertempur habis habisan tanpa memikirkan desingan peluru yang mengarah pada mereka.

Sempat membunuh 10 orang musuh dengan parangnya, akhirnya Iptu Jama’ari pun harus roboh setelah dadanya diterjang oleh peluru lawan. Beliau gugur bersama 17 pejuang lain di medan pertempuran. Jasad Iptu Jamaari dirusak dan dibuang ke Parit dipertigaan Tumpeng, yang mana sekarang telah berdiri tugu Perjuangan Polri untuk mengenang betapa heroiknya beliau dulu saat mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga: Leon Putra Samjaya Sutradara Komunitas Film Lokal Lumajang

20 orang pejuang yang lain berhasil ditangkap dan disandera oleh pihak Belanda, sedangkan sisanya berhasil melarikan diri ke arah Desa Pasrujambe untuk selanjutnya kembali bergrilya di tempat tersebut.

Baca juga: Film Dokumenter Usap Pilu Semeru Lumajang Bikin Merinding

Kapolres Arsal Sahban mengaku,  merasa terhormat memerankan tokoh pahlawan Polri dalam sebuah film “Iptu Jama’ari adalah sosok pejuang sejati. Dimana dengan gagah berani sang Pahlawan berusaha mempertahankan kemerdekaan dari serangan musuh yang berusaha menguasai Indonesia pada saat itu.

"Saya sangat merasa tersanjung memerankan tokoh sehebat beliau," ungkap Kapolres. (res/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru