Kuliner Lumajang

Menikmati Pedas dan Gurih Kuliner Ikan Manyung

lumajangsatu.com
Yummy Pedasnya Kepala Ikan Mayung

Lumajang (Lumajangsatu.com) -Siti Muniroh (43) pemilik Warung Bu Hadi menerangkan, masakan ikan Manyung banyak digemari masyarakat. Menurutnya, tidak ada resep khusus untuk memasak menu kepala manyung.

Ia mengatakan, seperti halnya orang lain memasak. Bumbunya terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, kencur, kemiri, daun salam, laos, kemiri, bawang merah/putih, cabe dan lainnya.

“Namun, yang menjadi beda masakan ini saya mengolah kepala mayung dengan cara yang berbeda khususnya untuk menghilangkan rasa amis pada ikan manyung,” terangnya (05/09/2019)

Beberapa tips pun dia jelaskan untuk menghilangkan bau amis pada ikan olahannya. Pertama, kapala manyung di cuci dengan air lemon kemudian ditiriskan dan disiram air hangat tujuannya biar tidak amis. Setelah itu masuk proses pencampuran bumbu-bumbu yang sudah di siapkan.


“Kurang lebih 30 menit untuk memasak ikan manyung ini,” imbuhnya.

Adapun menu kepala manyung dijual dengan harga Rp 30.000/porsi ditambah nasi dan es teh. Jika hanya kepala manyung saja dibanderol Rp 20.000 .

Ia mengatakan, membuat menu ini hanya berbekal pengalaman. Dia menceritakan, sebelum berjualan di lingkungan pegawai, ibu tiga anak ini sudah berjualan kurang lebih 20 tahun di lingkungan rumahnya di Desa Jokarto.

“Sudah 19 tahun lebih saya jualan menu kepala manyung di rumah. Alhamdulillah ramai, biasanya Sabtu dan Minggu pesanan banyak,” ucapnya.

Selain menyediakan menu spesial kepala manyung, juga disediakan menu lain seperti belut, udang, cumi, gurami dan lainnya. Rio salah satu pegawai mengaku, menu kepala manyung yang disediakan oleh bu Siti di warung belakang Pemandian Joyokarto sangat enak dan gurih.

“Rasanya beda dari yang lain. Selain gurih dan enak kelapa manyung ini rasanya pedas dan murah. Terlebih dinikmati siang-siang hari jam istirahat,” tandasnya. (Ind/red)

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru