Ketua Lesbumi ke Situs Biting

Deddy Politisi Hanura Tercerahkan Soal Tokoh Minak Koncar dari Agus Sunyoto

lumajangsatu.com
Deddy Firmanyah (Politisi Hanura), Agus Sunyoto (Lesbumi NU), Faisal Rizal (Kades Kutorenon)

Sukodomo (lumajangsatu.com) - Ketua Lesbumi PBNU, Prof. DR. KH. Agus Sunyoto, Lc sambangi Situ Biting dan pemakaman Arya Wiraraja di Dusun Biting  I Desa Kutoreno Kecamatan Sukodono, Rabu (23/10/2019). Kedatangan sejarawan yang mengupas dan mengangkat sejarah islam nusantara serta resolusi jihad dari Kyai Hasyim Asyari disambut oleh Kades Kuturonen, Faisal Rizal dan Anggota DPRD Lumajang dari Fraksi Hanura, Deddy Hermansyah.

Agus Sunyoto bercerita tentang kebesaran sejarah Lumajang dari Arya Wiraraja dan Minak Koncar. Karena peradaban  di pemerintah dua tokoh ini sangat monumental bagi perkembangan Lumajang sebagai pusat peradaban besar dizamanya.

Baca juga: Komisi B DPRD Akan Fokus Pemerataan Pembangunan Lumajang

"Dari cerita beliau, saya jadi tahu siapa Minak Koncar," kata Deddy.

Baca juga: Ini Identitas Mayat Tergantung di Toilet Depan Terminal Lumajang

Dia dengan seksama mendengarkan cerita siapa Minak Koncar yang menjadi nama Terminal Bus dan Kantor Desa Kutorenon. Dari Agus Sunyoto diketahui melalui catatan sejarah, Minak Koncar adalah anak dari Arya Wiraraja yang masih bersaudara dengan Ranggal Lawe.

"Dia bercerita sangat panjang tentang silsilah dari Arya Wiraraja dan Minak Koncar, ini sebuah pengetahuan baru tentang sejarah Lumajang," papar bapak satu anak ini.

Baca juga: Heboh Mayat Gantung Diri di Toilet Masjid Depan Terminal Lumajang

Deddy dan Kades Kutorenon sangat tersanjung kedatangan Tokoh Lesbumi NU dengan cerita sejarah kebesaran Lumajang serta tokoh-tokoh pemimpin mbiyen. (ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru