Bawa Sampel Arang

Tim Labfor Selidiki Kebakaran Pabrik Teh Kertowono Lumajang

lumajangsatu.com
Kapolres Lumajang, AKBP Adewira (2 dari kiri) mendampingi Tim Labfor Polda Jatim selidki penyebab kebakaran pabrik teh Gucialit.

Lumajang- Penyidik Tim Cobra Polres Lumajang sudah mendatangkan Tim Laboratorium Forensik Polda Jatim ke lokasi kebakaran untuk mengetahui penyebab kebakaran. Tim Labfor Polda Jatim membawa sampel arang bekas kebakaran di lokasi, Selasa (24/12/2019).

Sampel arang bekas kebakaran itu akan diuji laboratorium untuk mengetahui penyebab kebakaran di Pabrik PTPN XII Kertowono Desa Gucialit Kabupaten Lumajang.

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

Kini Tim Cobra Polres Lumajang menunggu hasil uji laboratorium yang dilakukan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim. Olah TKP berlangsung selama empat jam mulai siang hingga sore.

"Tim Labfor sudah turun ke lokasi. Ditunggu dulu saja hasil dari Tim Labfor," ujar AKBP Ade Wira Negara Siregar Kapolres Lumajang.

Menurut Manager PTPN XII Cristian Surya, kobaran api pertama kali ditemukan oleh satpam yang berpatroli sekitar jam 02.30 WIB dini hari. Petugas lantas berusaha memadamkan api sembari menghubungi pemadam kebakaran, BPBD dan pihak terkait.

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang membantu,” katanya.

Cristian menambahkan, hampir 80 persen dari pabrik tersebut terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar, sebanyak 69 ton teh siap ekspor berhasil diamankan dan tidak terbakar.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

“Kalo hasil produksi hari kemarin, iya terbakar, karena itu masih dalam proses,” katanya.

Sementara untuk operasional pabrik akan dipindah ke pabrik teh di Wonosari dan pabrik di Bantaran, Blitar. (ind/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru