Jaga Keamanan

Desa Wisata Sumbermujur Lumajang Terapkan One Gate System

lumajangsatu.com
Satgas Keamanan Desa sedang berjaga di pintu masuk Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro

Candipuro - Desa Smbermujur Kecamatan Candipuro menerapakan One Gate System (sistem satu gerbang) untuk menjamin rasa aman bagi warga. Ada 4 gerbang dari pintu masuk menuju Desa yang dijaga oleh petugas dan perangkat Desa secara bergantian.

Safi'i, Kades Sumbermujur menyatakan One Gate Sytem sudah berjalan selama 3 tahun. Sumbermujur mendeklarasikan sebagai Desa Wisata, maka keamanan harus menjadi perhatian nomor satu agar desa maju dan pengunjung merasa aman.

Baca juga: Bandar Sabu 64, 41 Gram Diringkus Polres Lumajang

"Sebagai Desa Wisata maka keamanan menjadi nomor satu. Kita terapkan One Gate System," ujar Safi'i kepada Lumajangsatu.com, Kamis (09/01/2020).

Baca juga: Event Rocktober Anniversary PoundMeru: Gebrakan Olahraga Poundfit Live Drumming di Lumajang

Setiap tamu yang datang malam hari akan ditanyakan tujuannya kemana. Jika ke rumah saudaranya maka akan diantarkan oleh Satgas Keamanan Desa (SKD) dan diminta meninggal kartu identitas. "Kita antar kerumah saudaranya. Kita ingin pastikan yang datang benan-benar ingin silaturrahim," paparnya.

Mulai pukul 21.00 wib empat pintu gerbang akan ditutup oleh petugas. Jika ada mobil melintas akan dilihat dan periksa oleh petugas. "Kalau mobil milik warga SKD sudah kenal. Kalau mobil asing kita pasti periksa.

Baca juga: Aktivitas Gunung Semeru Lumajang Terus Dipantau Lewat Drone

Dengan One Gate System masyarakat Sumbermujur merasa aman karena bisa tidur nyenyak. "Saya setiap malam juga ikur ronda berkeliling dari satu pintu masuk ke pintu masuk lainnya. Kita ingin pastikan Desa Sumbermujur aman," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru