Potensi Besar Perkebunan

Lumajang Hasilkan 3 Ribu Ton Durian Lokal Dalam Sekali Musim

lumajangsatu.com
Salah satu varietas durian lokal Lumajang dari Desa Wonokerto Kecamatan Gucilit

Lumajang - Kabupaten Lumajang memiliki potensi yang besar dibidang perkebunan salah satunya buah durian. Dari data Dinas Pertanian Lumajang satu kali musim, produksi durian lokal Lumajang mencapai 3 ribu ton.

"Sekitar 1,42 persen dari produksi durian se Jawa Timur mas," ujar Dony Ananto, Kabid Holtkultura Dinas Pertanian Lumajang, Kamis (27/02/2020).

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Potensi durian lokal sangat besar seperti durian Kembang dan Gencono serta durian lokal lainnya. Dinas Pertanian sudah melakukan pendataan durian lokal yang berkulitas bagus dan diajukan ke Dinas perkebukan Jawa Timur.

"Kita sudah lakukan pendataan mas dan kita sudah ajukan ke Dinas Perkebunan Jatim," paparnya.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Durian dari Lumajang kebanyakan masih berasal dari pohon berumur puluhan hingga ratusan tahun. Sedangkan petani yang berkebun durian secara khusus masih jarang. "Mulai ada yang berkebun durian, tapi rata-rata durian Lumajang berasal dari pohon yang berumur puluhan tahun," imbuhnya.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah untuk mengenalkan durian lokal Lumajang. Salah satunya dengan acara Serbu Durian di Pasar Agropolitan Kecamatan Senduro. Akan ada seribu durian gratis yang akan diberikan kepada pengunjung.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

"Acara Seberu Durian tanggal 28 Februari - 1 Maret adalah bagian upaya untuk mengenalkan durian lokal Lumajang," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru