Anggota DPR RI

Umar Bashor Tanam Pohon dan Lepas Burung di Sumber Takir Lumajang

lumajangsatu.com
Umar Bashor, anggota DPR RI Dapil Lumajang-Jember tanam pohon di Sumber Takir Desa Jokarto

Tempeh - Umar Bashor SE, anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan melakukan penanaman pohon buah di Sumber Takir Desa Jokarto Kecamatan Tempeh. Bersama Kepala Desa dan perangkat, juga dilakukan pelepasan puluhan burung perkutut ke alam bebas Minggu (08/03).

Ada beberapa jenis pohon buah yang ditanam, seperti durian, sirsak dan mengkudu. Penanaman bibit pohon buah untuk menjaga alam, sehingga keberadaan sumber mata air sebagai penghidupan warga tetap terjaga.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

"Ketua umum kami ibu Megawati di ulang tahun ke-73, memerintahkan semua kader untuk menanam pohon," ujar Umar Bashor.

Timbulnya bencana seperti banjir bandang, tanah longsor yang terjadi hampir diseluruh negeri adalah bukti alam sudah tidak ramah dengan manusia. Hal itu disebabkan karena manusis juga tidak ramah dengan alam dan banyak penggundulan hutan disana-sini.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

"Saya berharap warga di Jokarto bisa menjaga kesimbangan flora dan fauna. Jangan ada penebangan pohon sembarangan dan perburuan hewan," terang Komisi VIII itu.

Hafifuddin, Kades Jokarto mengucapkan terima kasih kepada Umar Bashor yang melakukan penananamn pohon buah di Sumber Takir. Pihak Desa melalui BumDes akan menjadikan lokasi Sumber Takir objek wisata edukasi dan pemandian alam.

"Kita akan jadikan Sumber Takir objek wisata pemandian alam yang dikelola oleh BumDes dan pemuda," jelasnya.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Sumber Takir juga sumber kehidupan bagi para petani di Jokarto dan sekitarnya. Pihak Desa telah membuat aturan, agar hutan seluas sekitar 9 hektar tetap terjaga, dengan melarang warga mengambil pohon dan memburu binatang yang ada di dalamnya.

"Kita ingin kesiembangan alam tetap terjaga. Maka kita akan jaga hutan Desa ini," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru