Tangkis Sepanjang 25 Meter Jebol, Ratusan Rumah di Rowokangkung Terendam

lumajangsatu.com
doc. Cucuk Dewantara

Baca juga: Tahun 2015, Saatnya Bersatu Jadi Terbaik Rek!

Lumajang(lumajangsatu.com)- Hujan deras yang terus mengguyur Lumajang sejak hari Jum'at, mengakibatkan jebolnya tangkis sungai yang berada di desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung. AKbatnya, jum'at malam, ratusan rumah terendam air dan ratusan hektar lahan pertaian juga terndam.

Warga tetap memilih bertahan, karena kawatir dengan barang-barang dan hewan ternak yang masih berada dirumah warga. Rochani, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyatakan, pada Sabtu siang (21/12/2013) air yang berasal dari jebolnya tangkis sepanjang 25 meter sudah surut.

"Banjir di desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung sudah surut," terang Rochani saat dihubungi lumajangsatu.com.

Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Tagana juga telah membuka dapur umum di lokasi bencana, untuk kebutuhan warga desa Sidorejo. Droping air bersih terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. "PMI dan Tagana juga telah membuka dapur umum," jelasnya.

Sebelumnya, 629 kepala keluarga terendam air, akibat melupanya air sungai Basin dan sungai Banter yang berada di Kecamatan Rowokangkung. BPBD terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi agar setiap musim hujan, sejumlah desa yang ada di kecamatan Rowokangkung tidak akan mengalami bencana Banjir. "Kita sudah lakukan komunikasi dengan para pihak," Pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru