Usai 156 Desa Gelar Pilkades, Kepala Desa Terpilh Segera Dilantik

lumajangsatu.com

Baca juga: Tahun 2015, Saatnya Bersatu Jadi Terbaik Rek!

Lumajang(lumajangsatu.com)- Usai menggelar pilakdes serentak di 156 desa, pemrintah mulai menyiapkan pelantikan kepala desa terpilih secara serentak. Arif Sukamdi, Kepala bagian Pemerintahan Desa pemkab Lumajang menyatakan, rencana pelantikan kades terpiliah akan digelar pada tanggal 27 Desember 2013 secara serentak dipendopo Lumajang.

"Rencananya, kades terpilih akan kita lantik hari Jum'at tanggal 27 Desemebr 2013 di Pendopo Kabupaten Lumajang," Seni (23/12/2013).

kepala desa terpilih yang akan dilantik adalah desa-desa yang sudah final tidak ada persoalan atau protes dari masayarkat atau calon kades lain. Sedangkan beberpa desa yang masih berkonflik maka kepala desa terpilih akan dilantik setelah semua persoalan selesai ditangani. "Kalau yang masih ada masalah, kita akan lantik setelah semuanya selesai," paparnya.

Ia menambahkan Bagian Pemdes sedang melakukan pendataan dari 21 Kecamatan untuk pelaksanaan pilkades. Setlah selsai melakukan pendataan, nantinya akan diketahui jumlah desa yang siap untuk dilantik dan desa yang masih berkonflik. "Mulai pagi kita telah kumpulkan 21 kecamatan, untuk menentukan kades terpilih mana saja yang siap untuk dilantik," jelasnya.

Sementara itu, DPRD Lumajang memberikan apresiasi kepada aparat keamanan yang ikut mensukseskan jalannya pilakdes serentak. Secara keseluruhan pelaksnaan pilkades di 156 desa berjalan dengan baik dan lancar. "Secara umum pelaksanaan pilkades berjalan dengan lancar, meski ada fenomena disejumlah desa," papar Achmad Jauhari, Wakil Ketua DPRD Lumajang.

Terjadinya konflik dibeberpa desa ditengarai Karena minimnya soisialisi dari panitia. Disamping itu, tidak adanya kesepakatan tentang model kartu suara yang sah dan tidak sah. "Ya itu harus dijadikan pelajran bagi ita semua untuk menciptkan Pilkdes yang lebih baik lagi," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru