Lakukan Penyemprotan

Karang Taruna Desa Lempeni Lumajang Aktif Ikut Cegah Penyebaran Corona

lumajangsatu.com
Karta Lempeni dan pengurus Desa sedang melakukan penyemprotak disinfektan cegah penyebaran Covid 19

Tempeh - Karang Taruna (Karta) Lempeni bersama perangkat Desa Lempeni Kecamatan Tempeh, terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Dalam sepekan terakhir, desa melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah warga. Selain penyemprotan, Karta dan pihak Desa juga mensosilisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Warga sangat antusias saat tim dari Karta dan perangkat desa lainnya seperti Babinkamtibmas melakukan penyemperotan keliling desa guna menangkal virus corona. Warga juga dminta proaktif jika ada pendatang masuk Desa Lempeni terutama dari daerah zona merah pandemi Covid 19 untuk dilaporkan kepada pihak Desa.

Baca juga: Hari ke 3 Pencarian Tanaman Ganja di TNBTS Lumajang Hasilkan 25.000

"Jadi karang taruna kami bersama perangkat desa lainnya sebelumnya sudah keliling desa sosialisasi soal bagaimana hidup bersih agar terhindar dari corona," kata Kepala Desa Lempeni Kecamatan Tempeh, Lumajang, Reza Firman Eldiansah kepada awak media akhir pekan ini.

Karta juga secara aktif meminta perantau yang pulang kampung untuk melakukan pengecekan kesehatan ke Polindes. "Jika ada keluhan berlanjut kami bawa ke puskesmas," papar kepala desa yang tergabung dalam komunitas Heppiii Community.

Desa Lempeni ada 1.500 kepala keluarga dan hingga saat ini desanya masih bersih dari paparan corona. Penyemprotan ke rumah warga juga intensif dilakukan untuk memastikan Covid 19 tidak ada di Desa Lempeni.

Baca juga: KPU Lumajang Umumkan 2 Cabup Cawabup di Pilkada 2024

Menurutnya warga sangat antusias sekali, bahkan banyak yang meminta penyemprotan ke tempat yang digunakan sebagai pusat aktivitas, pintu, gerbang, serta interior rumah lainnya yang banyak digunakan untuk aktivitas atau banyak disentuh warga. "Kami juga semprot kandang ternak, karena di kandang ternak ini kan banyak aktivitas warga," ungkapnya.

Karta dan petugas desa juga semangat karena antusiasme warga sangat tinggi. "Minggu depan kami akan lakukan penyemprotan lagi," jelasnya. Selain itu pihaknya bersama karta juga akan membagikan masker gratis untuk warga sebagai upaya pencegahan dari virus corona. "Ada seribuan yang akan kami bagikan," ulasnya.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif menyambut baik peran aktif desa khususnya karta yang tergabung dalam Heppiii Community di Lumajang dalam mencegah corona dengan berbagai kegiatan. Menurutnya warga di desa punya peran penting pencegahan Corona agar wabah ini tak masuk ke desa-desa.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan pencegahan bisa dilakukan oleh karta lainnya, dengan demikian wabah ini bisa segera mereda.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru