Kampus Berbasis Persantren

Webinar BEMF Tarbiyah IAI Syarifuddin Lumajang Bahas Esensi Mahasiswa

lumajangsatu.com
Webinar BEMF Tarbiyah IAI Syarifuddin Dibanjiri Peminat Mahasiswa luar Lumajang juga.

Wonorejo - Webinar yang diadakan oleh Badan Eksekutiif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Tarbiyah, Institute Agama Islam Syarifuddin (IAIS) Wonorejo Lumajang. Bertemakan aktualisasi 3 agen mahasiswa, Rabu (02/09/2020).

Webinar menyuguhkan 2 narasumber diantaranya aktivis mahasiswa Ahmad Taufik Hidayatullah dan wisudawan terbaik Fakultas Tarbiyah 2019-2020, Canda Ayu Pitara. Webinar tersebut dipandu oleh Nur Nia Natasya mentri dalam negeri (Mendagri) BEMF Tarbiyah.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Ahmad Taufik Hidayatullah aktivis mahasiswa mengungkapkan bahwa mahasiswa tidak hanya sebatas seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi, institut ataupun universitas. "Mahasiswa yang sesungguhnya adalah dia yang mampu memahami tugas, peran dan fungsinya sebagai generasi penerus bangsa,"ungkap mantan ketua komisariat PMII STAIBU tersebut.

Taufik juga mengungkapkan bahwa mahasiswa, bukan hanya dituntut cerdas dan pintar tapi juga harus memiliki moralitas yang baik. "Mahasiswa diharapkan mampu menjadi contoh dan juga penggerak perbaikan moral pada masyarakat,"ungkapnya.

Canda Ayu Pitara wisudawan terbaik Fakultas Tarbiyah 2019-2020 mengungkapkan bahwa sejatinya seorang mahasiswa tidak memandang laki-laki atau perempuan semuanya memiliki hak dan peran yang sama. "Kodratnya beda, tapi hal itu tak membuat wanita terpinggirkan,"ungkap wanita

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Wanita yang akrab dipanggil Canda tersebut memaparkan bahwa mahasiswa harus peka dengan keadaan sosial, selain itu tanggung jawab mahasiswa adalah berperan aktif dalam mengawal kebijakan pemerintah. "Mahasiswa harus mempunyai jiwa sosial tunggi,"ungkap wanita 23 tahun tersebut.

Dia memaparkan, untuk mengasah kemampuan dan menumbuhkan jiwa sosial, mahasiswa harus aktif berorganisasi. "Organisasi juga harus dipilih, agar tidak salah tempat. Karena kita bakal dibentuk oleh lingkungan kita,"ungkapnya.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Sulaiman Presiden Mahasiswa Fakultas Tarbiyah mengungkapkan, harapan mahasiswa pasca mengikuti webinar, semoga mahasiswa menjadi sadar akan peranya serta memahami bahwa masyarakat membutuhkan kobtribusi mahasiswa.

"Untuk mahasiswa baru, semoga semangatnya semakin membara. Semoga semangat berorganisasinya tinggi. Terserah organisasinya apa saja, kalau saya PMII,"paparnya pada Lumajangsatu.com sehabis acaranya. (Oky/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru