Bencana Erupsi Semeru

Dapur Umum Dinsos Lumajang Siaga di Supiturang

lumajangsatu.com
Dapur umum Dinsos Lumajang disiagkan untuk memenuhi logistik pengungsi dampak erupsi gunung Semeru

Pronojiwo - Untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa hari yang lalu, Dinas Sosial Kabupaten Lumajang bersama BPBD Kabupaten Lumajang telah menyiagakan dapur umum di depan Balai Desa Supiturang.

"Terkait dengan erupsi Gunung Semeru kemarin, kita sudah menerjunkan tim TAGANA dan Dapur Umum untuk kebutuhan makanan pengungsi," terang Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Ninis Legiwinarsih Rabu (02/12/2020).

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

Setiap harinya, Dapur Umum menyediakan kurang lebih 300 bungkus makanan untuk kebutuhan sekali makan para pengungsi yang datang dari Dusun Kebonan dan Dusun Gumukmas. Selain makanan, juga membagikan masker untuk para relawan dan pengungsi.

Dijelaskan Ninis, Tim Dapur Umum sudah membawa persediaan bahan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama beberapa hari ke depan.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

"Nanti melihat perkembangan, jika masih kurang nanti akan kita tambah lagi bantuan logistik kita, saat ini masih cukup persediaannya, kita juga koordinasi dengan BPBD," imbuhnya.

Selain memenuhi kebutuhan makan para pengungsi, Tim TAGANA juga melakukan pembinaan psikososial kepada anak-anak yang berada posko pengungsian dengan cara mengajak anak-anak bermain dan tebak-tebakan untuk menghilangkan ketakutan.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Saat ini, posko pengungsian terbagi di dua lokasi, yaitu di Balai Desa Supiturang dan Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur. Untuk kebutuhan makan pengungsi di Gunung Sawur, ditangani Dapur Umum PMI Kabupaten Lumajang. (Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru