Antisipasi Lonjakan Covid-19

Inilah 3 Titik Penyekatan Pemudik dari Luar Lumajang oleh Polres

lumajangsatu.com
Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Pimpin Rapat Operasi Ketupatan Semeru 2021.

Lumajang - Antisipasi kedatangan pemudik dari luar kota masuke Lumajang. Kepolisian Resor Lumajang sudah menyiapkan 3 Titik penyekatan dengan Operasi Ketupat Semeru 2021.

Kapolres Lumajag, AKBP Eka Yekti mengatakan, Selama Ops Ketupat Semeru 2021 di Kab Lumajang terdapat 3 Pos antara lain Pos Sekat di Timbangan Kec Klakah, Pos Sekat di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo dan Pos Pam QR Sabhara.

Baca juga: Pelajar SMP NegeriĀ  4 Lumajang Diajak Perangi Narkoba dan Bullying di Sekolah

"Perlu juga diantisipasi jalur jalur tikus bagi pemudik yang masuk ke wilayah Kab Lumajang," ungkapnya, Senin (03/5/2021).

Selebihnya dikatakan Kapolres, Lumajang masuk dalam wilayah Rayon III yang terdiri dari Lumajang, Jember, Situbondo Bondowoso, dan Banyuwangi dimana dalam satu rayon tersebut masyarakat bisa keluar masuk tanpa ada pemeriksaan namun untuk wilayah Jember masuk dalam kategori zona orange sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk antisipasi

"Dalam bertugas nantinya agar petugas yang ada di lapangan tetap waspada atas keselamatan diri masing masing serta menerapkan buddy sistem," tandas AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Baca juga: Gencarkan P4GM, BNN Lumajang Juga Siapkan Rehabilitasi Korban Kecanduan Narkoba

Kapolres menambahkan, dalam pelaksanaan operasi yustisi dirubah menjadi kegiatan pendataan atau tracking terhadap pemudik yang sudah pulang mendahului untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan isolasi mandiri selama 5 hari.

"Saya rubah sedikit menjadi pendataan atau pendeteksi para pemudik pendatang dan sudah tiba di kampung halaman, karena saya anggap Lumajang menjadi finis dari alur mudik," ujarnya

Baca juga: DAM Gambiran Lumajang Dibangun Ramah Lingkungan

Namun yang harus diantisipasi adalah jangan terjadi penularan virus dari orang lain, saudara, keluarga dan tetangga yang habis pulang luar kota Lumajang itu yang paling penting.

'Untuk itu perlu diantisipasinya bagi pemudik yang sudah datang lebih dulu dari luar kota Lumajang," pungkas Kapolres. (res/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru