Lokasi di Desa Sumberwuluh-Candipuro

Jembatan Layang Terpanjang di Jatim Membentang di Kaki Semeru Lumajang

lumajangsatu.com
Proses pembangunan jembatan layang di Desa Sumberwuluh hampir rampung 100 persen

Candipuro - Jembatan gantung terpanjang di Jawa Timur di Desa Sumberwuluh sudah 90 persen hampir selesai. Jembatan tersebut membentang sepanjang 150 meter di atas aliran lahar Semeru. Jembatan gantung akan membuka akses dua dusun yakni Jobong dan Kajar Kosong.

"Alhamdulillah, hingga hari ini pembangunan jembatan gantung sudah 90 persen," ujar Abdul Aziz, Pj Kepala Desa Sumberwuluh, Sabtu (17/09/2021).

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

Para pekerja tinggal menyelesaikan pemasangan pagar pembatas kanan-kiri jembatan. Setelah pemasangan pengaman selesai, maka pembangunan jembatan gantung selesai 100 persen. "Informasi dari pekerja 10 hari lagi sudah selesai 100 persen," paparnya.

Pemerintah Desa Sumberwuluh dan Jugosari sudah membuat peraturan desa (perdes) bersama untuk merawat jembatan gantung agar awet. Jembatan gantung berdiri di dua desa, sebelah timur berada di Desa Jugosari dan sebelah barat ada di Desa Sumberwuluh.

Baca juga: PPID Lumajang Terima Tim Monev Komisi Informasi Jawa Timur

"Kita sudah rumuskan Perdes bersama, agar jembatan ini bisa terawat dan bisa lama dinikmati oleh warga," paranya.

Karena pasti akan jadi objek wisata dadakan, pihak Desa juga sudah menyiapkan tempat parkir dan petugas. Hal itu untuk mengatur agar tidak banyak beban diam diatas jembatan, karena dikhawatirkan jika banyak beban diam jembatan tidak akan kuat dan bisa-bisa ambruk.

Baca juga: Diskominfo Lumajang Belajar Implementasi Satu Data Indonesia ke Malang

"Kita juga sudah siapkan tempat parkir dan petugas untuk mengatur warga yang ingin melihat jembatan gantung Kaliregoyo ini," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru